ANALISIS PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMKN NGADIROJO

AJI, CHANGGAH PRASETYO (2021) ANALISIS PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMKN NGADIROJO. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
CHANGGAH PRASETYO AJI_PI_AB2021.pdf

Download (513kB)
[img] Text
CHANGGAH PRASETYO AJI_CEK PLAGIASI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
CHANGGAH PRASETYO AJI_PI_AR2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHANGGAH PRASETYO AJI_BAB I_PI2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHANGGAH PRASETYO AJI_BAB III_PI2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHANGGAH PRASETYO AJI_BAB II_PI2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat keefektifan pembelajaran daring menggunakan google classroom di SMKN Ngadirojo. Penelitian ini ini juga mampu memberikan evaluasi berupa penilaian bagi sekolah dalam penggunaan Google classroom pada pembelajaran daring di SMKN Ngadirojo. Pengambilan data ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik model Miles dan Hubberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google classroom sangat membatu dalam proses pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 sekarang ini, adapun dengan menggunakan aplikasi Google classroom ini guru bisa memantau kegiatan � kegiatan belajar siswa, seperti absensi, penjelasan materi dan pengiriman tugas � tugas yang diberikan Kata Kunci : Google Classroom, pembelajaran daring, Pandemi ABSTRACT This study aims to determine the level of effectiveness of learning to dare to use google classroom at SMKN Ngadirojo. This research is also able to provide an evaluation in the form of an assessment for schools in the use of Google classes in online learning at SMKN Ngadirojo. This data collection uses qualitative research methods, namely research that emphasizes aspects of in-depth understanding of a problem. This research produces descriptive data in the form of words or speech from people and observable behavior. The data in this study were obtained from observations, interviews, and documentation. The data was analyzed using the Miles and Hubberman model technique using 3 stages, namely data reduction, data presentation and verification or drawing conclusions. Based on the data from the research that has been carried out, it can be concluded that the use of Google classroom was very helpful in the online learning process during the current Covid-19 pandemic, while using the Google classroom application the teacher can monitor student learning activities, such as attendance, explanation of material and delivery of assigned tasks Keywords: Google Classroom, online learning, Pandemic

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYkuliah.didiet@gmail.com
UNSPECIFIEDRAHAYU, DWIdwirahayu6537@gmail.com
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYkuliah.didiet@gmail.com
UNSPECIFIEDNURHAYATI, NURHAYATInurh8091@gmail.com
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Aug 2021 02:57
Last Modified: 10 Nov 2021 05:13
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item