ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 1 KARANGANYAR

PRASETYO, YOGI (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 1 KARANGANYAR. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
YOGI PRASETYO_PGSD_AB2021.pdf

Download (414kB)
[img] Text
YOGI PRASETYO_CEK PLAGIASI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
YOGI PRASETYO_PGSD_AR2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
YOGI PRASETYO_BAB I_PGSD2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
YOGI PRASETYO_BAB II_PGSD2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
YOGI PRASETYO_BAB III_PGSD2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Karanganyar dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan; 2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas V SD Negeri 1 Karanganyar melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara dengan subjek seluruh siswa kelas V SDN 1 Karanganyar. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama delapan bulan, mulai bulan Januari sampai Agustus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2020/2021. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: 1) subjek penelitian mengalami kesalahan pada masing-masin butir soal dengan jenis kesalahan, yakni kesalahan membaca, kesalahan memahami soal, kesalahan transformasi masalah, kesalahan ketrampilan proses, kesalahan penulisan jawaban akhir; 2) terdapat 3 faktor yang menyebabkan subjek mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, yakni kesalahan memahami konsep, kesalahan memahami dan menerapkan prinsip, kesalahan melakukan prosedur. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Menyelesaikan Soal, Matematika ABSTRACT This study aimed to determine: 1) the types of errors made by fifth grade students of SD Negeri 1 Karanganyar in solving math story problems with fractions; 2) the factors that cause fifth grade students of SD Negeri 1 Karanganyar to make mistakes in solving math story problems on fractions. This research was a qualitative research with a case study approach. The data collection techniques used were tests and interviews with all fifth grade students at SDN 1 Karanganyar. This research was conducted for eight months, from January to August. This research was carried out in the second semester of the 2020/2021 academic year. Data analysis was carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of the data analysis concluded that: 1) the research subjects experienced errors in each item with the types of errors, namely reading errors, understanding questions, problem transformation errors, process skill errors, writing errors in the final answer; 2) there were 3 factors that cause the research subject to experience errors in solving math story problems, namely errors in understanding concepts, errors in understanding and applying principles, errors in carrying out procedures. Keywords: Student Mistakes, Problems Solving, Mathematical

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYFerryaristya@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYFerryaristya@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Aug 2021 03:37
Last Modified: 11 Nov 2021 04:18
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item