Peran Guru dalam Pembelajaran Menggunakan Media Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Negeri 3 Gedompol

HANIFAH, NUR (2021) Peran Guru dalam Pembelajaran Menggunakan Media Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Negeri 3 Gedompol. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
NUR HANIFAH_PGSD_AB2021.pdf

Download (415kB)
[img] Text
NUR HANIFAH_PGSD_AR2021.pdf

Download (598kB)
[img] Text
NUR HANIFAH_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (698kB)
[img] Text
NUR HANIFAH_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran melalui media WhatsApp, 2) hambatan dan upaya yang dilakukan guru dalam memotivasi belajar siswa melalui media WhatsApp, 3) peran guru dalam pembelajaran melalui media WhatsApp. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas 5 yang berjumlah 11 anak. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, kemudian dilanjutkan dengan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa dalam menggunakan whatsapp sebagai media pembelajaran mendapatkan prosentase sebanyak 18% dalam kategori sangat baik, 55% dalam kategori baik dan 27% dalam kategori cukup baik. 2) hambatan dalam memotivasi belajar siswa menggunakan media WhatsApp yaitu tempat tinggal siswa memiliki jaringan internet yang tidak stabil, guru tidak bisa melihat proses pembelajaran secara langsung sehingga menyulitkan guru dalam mengidentifikasi motivasi siswa dan terkadang antara guru dan orang tua tidak berjalan beriringan dalam pemberian motivasi. Untuk mengatasi hambatan tersebut guru melakukan upaya dengan mencoba memahami motivasi yang dimiliki siswa dengan cara melakukan interaksi dengan siswa secara daring dan luring sehingga nantinya guru bisa memberikan motivasi secara tepat sasaran. 3) Guru dalam pembelajaran menggunakan whatsapp sudah berperan dengan baik, dengan perolehan angket sebanyak 27% siswa mengatakan guru berperan sangat baik, 64% siswa mengatakan guru berperan baik dan 9% siswa mengatakan guru berperan cukup baik. Kata Kunci: peran guru, WhatsApp, motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayatullah200289@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayatullah200289@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 06:10
Last Modified: 11 Nov 2021 03:57
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item