Analisis Implementasi Sistem Belanja Online Berbasis Aplikasi E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan

PRANYOTO, RISKI ARIERSTA PRABOWO (2021) Analisis Implementasi Sistem Belanja Online Berbasis Aplikasi E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
RISKI ARIERSTA PRABOWO PRANYOTO_PI_AB2021.pdf

Download (394kB)
[img] Text
RISKI ARIERSTA PRABOWO PRANYOTO_BAB 1_PI2021.pdf

Download (173kB)
[img] Text
RISKI ARIERSTA PRABOWO PRANYOTO_BAB 2_PI2021.pdf

Download (301kB)
[img] Text
RISKI ARIERSTA PRABOWO PRANYOTO_BAB 3_PI2021.pdf

Download (307kB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman dan segala inovasi teknologi yang menyertainya, beberapa fenomena kehidupan bermunculan. Kemudahan penggunaan internet di segala aspek salah satunya dalam bidang transaksi belanja mengakibatkan meningkatnya gaya hidup sosial masyarakat. Maraknya trend belanja online menggunakan platform aplikasi e-commerce menjadi penyebab terjadinya konsumsi berlebihan dan mengarah pada perilaku konsumtif konsumen, salah satunya terjadi pada mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif melalui transaksi belanja online pada aplikasi e-commerce. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen yaitu variabel kualitas informasi (X1), variabel kemudahan (X2), variabel harga (X3), dan variabel kualitas produk (X4), serta variabel dependennya yaitu variabel perilaku konsumtif (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 90 mahasiswa/i. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner berupa pernyataan yang disebar secara online kepada responden yang melakukan pembelian online menggunakan teknik random sampling. Analisis data dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 16.0 for windows. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara simultan kempat variabel independen (X1, X2, X3,X4) berpengaruh terhadap variabel dependen (Y), dan parsial hanya variabel kualitas informasi (X1) yang berpengaruh signifikan terhadap variabel perilaku konsumtif. Sedangkan variabel kemudahan (X2), harga (X3) dan kualitas produk (X4) tidak berpengaruh. Ini disebabkan karena ada faktor lain yang mendorong untuk melakukan pembelian secara online dan konsumtif seperti faktor kemudahan, harga, dan faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, E-commerce, Belanja Online

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODIUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 06:38
Last Modified: 11 Nov 2021 02:42
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item