HENDRIYANTO, AGOES (2017) STRATEGI KEBAHASAAN PADA REKLAME OUT DOOR (Jalan Pacitan-Yogyakarta). Jurna. Penelitian Pendidikan, 9 (1). ISSN 1311-1374
Text
A-IV-III-JURNAL-strateNASIONAL-JPP-IKLANOUTDOOR.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text
A-IV-3-JPP-STRATEGI-KEBAHASAAN-JPP-9-1.pdf Download (923kB) |
|
Text
C-1-A-IV-III-JURNAL-NASIONAL-JPP-IKLANOUTDOOR.pdf Download (3MB) |
|
Text
10-JURNAS-TDK-STRATEGI-KEBAHASAAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Penelitian dengan judul “Strategi Kebahasaan Pada Reklame Out Door ( jalan Pacitan-Yogyakarta)” dengan tujuan sebagai berikut ini: (1) strategi pemilihan kata atau diksi, dan (2) strategi pemilihan gaya bahasa. Penelitian dekriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis dengan meneliti strategi diksi dan gaya bahasa iklan. Berdasarkan hasil penelitian strategi pemilihan diksi atau kata iklan out door berkaitan dengan penggunaan kata sebagai berikut; kata benda sebesar 34 %, kata asing 34 %, kata kerja 12 %, kata keterangan 8 %, kata depan 3 %, kata sifat 3 %, dan kata sambung 6 %. Selain itu penggunaan gaya bahasa hiperbola, metafora, personifikasi repetisi, klimaks, paralelisme, alegori menjadi pilihan utama dalam iklan di jalan Pacitan Yogyakarta. strategi penggunaan gaya bahasa dalam iklan out door jalan Pacitan-Yogyakarta sebagai berikut: elipsis 14,2 %, alegori 34,3 %, personifikasi 20 %, paralelisme 5,7 %, hiperbola 8,6 %, klimaks 8,6 %, dan repetisi 8,6 %. Penggunaan gaya bahasa alegori dengan gambar, logo menjadi pilihan terbesar pembuat iklan out door. Kata Kunci: iklan, diksi, gaya bahasa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Agoes Hendriyanto Agoes |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:38 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:38 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/705 |
Actions (login required)
View Item |