STRATEGI KEBAHASAAN PADA REKLAME OUT DOOR (Jalan Pacitan-Yogyakarta)

HENDRIYANTO, AGOES (2017) STRATEGI KEBAHASAAN PADA REKLAME OUT DOOR (Jalan Pacitan-Yogyakarta). Jurna. Penelitian Pendidikan, 9 (1). ISSN 1311-1374

[img] Text
A-IV-III-JURNAL-strateNASIONAL-JPP-IKLANOUTDOOR.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
A-IV-3-JPP-STRATEGI-KEBAHASAAN-JPP-9-1.pdf

Download (923kB)
[img] Text
C-1-A-IV-III-JURNAL-NASIONAL-JPP-IKLANOUTDOOR.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10-JURNAS-TDK-STRATEGI-KEBAHASAAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Penelitian dengan judul “Strategi Kebahasaan Pada Reklame Out Door ( jalan Pacitan-Yogyakarta)” dengan tujuan sebagai berikut ini: (1) strategi pemilihan kata atau diksi, dan (2) strategi pemilihan gaya bahasa. Penelitian dekriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis dengan meneliti strategi diksi dan gaya bahasa iklan. Berdasarkan hasil penelitian strategi pemilihan diksi atau kata iklan out door berkaitan dengan penggunaan kata sebagai berikut; kata benda sebesar 34 %, kata asing 34 %, kata kerja 12 %, kata keterangan 8 %, kata depan 3 %, kata sifat 3 %, dan kata sambung 6 %. Selain itu penggunaan gaya bahasa hiperbola, metafora, personifikasi repetisi, klimaks, paralelisme, alegori menjadi pilihan utama dalam iklan di jalan Pacitan Yogyakarta. strategi penggunaan gaya bahasa dalam iklan out door jalan Pacitan-Yogyakarta sebagai berikut: elipsis 14,2 %, alegori 34,3 %, personifikasi 20 %, paralelisme 5,7 %, hiperbola 8,6 %, klimaks 8,6 %, dan repetisi 8,6 %. Penggunaan gaya bahasa alegori dengan gambar, logo menjadi pilihan terbesar pembuat iklan out door. Kata Kunci: iklan, diksi, gaya bahasa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Agoes Hendriyanto Agoes
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:38
Last Modified: 27 Sep 2021 04:38
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item View Item