HENDRIYANTO, AGOES (2017) Peer Reviewer, INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM IKLAN OUT DOOR. MEDAN BAHASA Jurnal Ilmiah Kebahasaan, 13 (1). pp. 83-93. ISSN 1907-1787
Text
12-REVIEWER-INTEGRASI-NILAIKEAR-LOKAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dengan objek iklan out door di jalan Yogyakarta,. Tujuan penelitian untuk mengetahui integrasi nilai kearifan lokal terhadap iklan kuliner. Integrasi nilai kearifan lokal dalam iklan kuliner akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kuliner khas Jawa. Pilihan kata dalam iklan seperti; gudeg, yu djum, seger waras, rawon, baskom, soto, suedep, ayam kampung, malon (manuk londo), Yogya, cahaya, lancar, sumber urip memberikan kesan yang mendalam. Nilai kearifan lokal yang terdapat dalam wacana iklan tersebut harus berkorelasi positif dengan makanan, tempat, perangkat makan, serta suasana rumah makan. Suasana keakraban, kekeluargaan, serta harga yang bersahabat menjadi ciri khas rumah makan tersebut. Oleh sebab itu integrasi nilai kearifan lokal dalam pesan iklan kuliner lebih diarahkan pada nilai-nilai kehidupan yang melekat, bermakna, dan biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa. Kata kunci: integrasi, iklan, kuliner
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Agoes Hendriyanto Agoes |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 00:51 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 00:51 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/793 |
Actions (login required)
View Item |