12-PEER REVIEWER, INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM IKLAN OUT DOOR

HENDRIYANTO, AGOES (2017) 12-PEER REVIEWER, INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM IKLAN OUT DOOR. MEDAN BAHASA Jurnal Ilmiah Kebahasaan, 11 (1). pp. 83-93. ISSN 1907-1787

[img] Text
12-Peer-Reviewer-Integrasi-Nilai-Kearifan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
A-IV-5-MEDANBAHASA-Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam iklan Kuliner-dikompresi.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian dengan objek iklan out door di jalan Yogyakarta,. Tujuan penelitian untuk mengetahui integrasi nilai kearifan lokal terhadap iklan kuliner. Integrasi nilai kearifan lokal dalam iklan kuliner akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kuliner khas Jawa. Pilihan kata dalam iklan seperti; gudeg, yu djum, seger waras, rawon, baskom, soto, suedep, ayam kampung, malon (manuk londo), Yogya, cahaya, lancar, sumber urip memberikan kesan yang mendalam. Nilai kearifan lokal yang terdapat dalam wacana iklan tersebut harus berkorelasi positif dengan makanan, tempat, perangkat makan, serta suasana rumah makan. Suasana keakraban, kekeluargaan, serta harga yang bersahabat menjadi ciri khas rumah makan tersebut. Oleh sebab itu integrasi nilai kearifan lokal dalam pesan iklan kuliner lebih diarahkan pada nilai-nilai kehidupan yang melekat, bermakna, dan biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa. Kata kunci: integrasi, iklan, kuliner

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Agoes Hendriyanto Agoes
Date Deposited: 01 Nov 2021 00:59
Last Modified: 01 Nov 2021 00:59
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item