PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR

SAPUTRO, BOWO (2020) PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
2. Bowo.pdf

Download (613kB)

Abstract

Virus Corona melanda seluruh negara di dunia, termasuk negara Indonesia. Sehingga pembelajaran yang pada awalnya dilakukan secara langsung dan bertatap muka di dalam kelas dialihkan menjadi pembelajaran secara online atau daring. Peraturan yang ditetapkan oleh menteri pendidikan Indonesia bahwa untuk menghambat penyebaran virus Corona pembelajaran dialihkan menjadi belajar online atau daring dirumah masing-masing. Di SMKS BINAKARYA Pacitan menerapkan metode pembelajaran daring dengan memanfaatkan berbagai macam aplikasi online seperti Zoom, Whatsapp Group, Google Form, dll pada mata pelajaran, aplikasi Whatsapp dirasa paling cocok untuk menerapkan pembelajaran daring di SMKS BINAKARYA Pacitan aplikasi tersebut merupakan yang paling banyak digunakan oleh guru karena aplikasi ini sudah familiar digunakan oleh siswa maupun guru sehingga lebih mudah untuk mengaplikasikannya. Penelitian ini dilakukan dengan survei melalui wawancara online menggunakan Google Form kepada seluruh guru di SMKS BINAKARYA Pacitan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif proses pengumpulan data melalui partisipasi siswa pada absensi dan tugas dalam Whattsapp. Hasil dari penelitian ini adalah partisipasi siswa yang cukup baik ditandai dengan pengumpulan tugas dan absensi sesuai deadline yang telah ditentukan. Kata kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran daring, Whattsapp

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDDIMUKSA, WIRAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 20 May 2022 03:23
Last Modified: 20 May 2022 03:23
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item