SANJAYA, PEGI TRIO (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN INFORMATIKA (STUDI KASUS SISWA KELAS X TKJ 1 SMK NEGERI NGADIROJO). Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
8. Pegi Trio.pdf Download (156kB) |
Abstract
Akibat adanya Covid-19, proses kegiatan belajar mengajar yang semula dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat problematika dalam pembelajaran daring mata pelajaran desain grafis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar daring mata pelajaran desain grafis. Metode penelitian diskriptif. Penelitian melibatkan siswa kelas X TKJ 1 dengan teknik pengumpulan data dan informasinya melalui angket menggunakan Google form dan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan belajar daring mata pelajaran disen grafis dalam hal ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal yang menyebabkan anak mengalami kesulitan belajar daring mata pelajaran desain grafis ialah rendahnya kemampuan menggunakan komputer dan minat untuk bisa sangat rendah karena siswa lebih suka dengan tkj sehingga mereka memperoleh nilai yang kurang maksimal, sedangkan faktor eksternal berasal dari kendala teknis sinyal dan keluarga. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X TKJ 1 masih mengalami kesulitan belajar daring mata pelajaran desain grafis sedangkan faktor yang mempengaruhi adalah faktor internal dan faktor eksternal. Kata kunci: kesulitan, belajar daring, Desain Grafis
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||
Divisions: | Pendidikan Informatika | ||||||
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini | ||||||
Date Deposited: | 20 May 2022 03:53 | ||||||
Last Modified: | 20 May 2022 03:53 | ||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/855 |
Actions (login required)
View Item |