PANDANGAN SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MOODLE DI SMKN 1 PACITAN (Students Views On The Effectiveness Of E-Learning Using The Moodle At SMKN 1 Pacitan)

QISTI, RATIH FADHILAH (2020) PANDANGAN SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MOODLE DI SMKN 1 PACITAN (Students Views On The Effectiveness Of E-Learning Using The Moodle At SMKN 1 Pacitan). Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
9. Ratih.pdf

Download (157kB)

Abstract

Pandemi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran konvensional. Sehingga diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran online merupakan salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Perkembangan dunia pendidikan saat ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat. Salah satu teknologi informasi yang berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran online. Fungsipembelajaran online sebagai penghubung antara pendidik dan siswa dengan jaringan internet yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Media online yang digunakan subjek penelitian bermacam-macam (WhatsApp, Google Classroom, Website). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan pembelajaran online. Metode pengumpulan data berupa tanya jawab kepada narasumber yaitu siswa SMK melalui WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa sudah memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran online; (2) pembelajaran online memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya serta mampu mendorong kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam pembelajaran; dan (3) pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalkan munculnya keramaian siswa sehingga dinilai dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di perguruan tinggi. Pengawasan yang lemah terhadap siswa, kurangnya sinyal yang kuat di daerah terpencil, dan biaya kuota yang tinggi menjadi tantangan dalam pembelajaran online. Meningkatkan kemandirian belajar, minat dan motivasi, keberanian mengungkapkan ide dan pertanyaan adalah keuntungan lain dari pembelajaran online. Kata kunci: Pembelajaran daring, Covid-19, social distancing

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 20 May 2022 03:55
Last Modified: 20 May 2022 03:55
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item