KARTIKA, MELINA YULI (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK TENTANG MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
MELINA YULI K_PGSD_AB2022.pdf Download (219kB) |
|
Text
MELINA YULI KARTIKA_BAB 1_PGSD2022.pdf Download (194kB) |
|
Text
MELINA YULI KARTIKA_BAB 2_PGSD2022.pdf Download (243kB) |
|
Text
MELINA YULI KARTIKA_BAB 3_PGSD2022.pdf Download (244kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman anak tentang mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami, (2) mengetahui kelayakan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman anak tentang mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami, (3) mengetahui hasil pengembangan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman anak tentang mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami, (4) mengetahui keefektivan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan pemahaman anak tentang mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tingkat kevalidan produk dan analisis data hasil uji coba dengan uji t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media buku cerita bergambar mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami telah dikembangkan menggunakan model ADDIE, (2) media buku cerita bergambar dinyatakan “Sangat Valid/Layak” berdasarkan rerata penilaian ahli media yaitu 4,5, rerata penilaian ahli materi yaitu 5, dan rerata penilaian ahli bahasa yaitu 4,36, (3) hasil pengembangan menunjukkan respons anak terhadap media buku cerita bergambar sangat positif dengan rerata angket respons kelompok kecil 4,71 (Sangat Valid) dan rerata angket respons kelompok besar 4,38 (Sangat Valid); (4) media buku cerita bergambar dinyatakan efektif meningkatkan pemahaman anak tentang mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami dengan hasil uji tsig. (2-tailed) 0,012 < 0,05 untuk kelompok kecil dan sig. (2-tailed) 0,004 < 0,05 untuk kelompok besar. Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Mitigasi Bencana, Pengembangan Media, Pemahaman
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2022 02:57 | |||||||||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:48 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/879 |
Actions (login required)
View Item |