ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA TERHADAP TARI TRADISIONAL MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI SD NEGERI 3 DONOROJO

WATI, DIANA AMBAR (2022) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA TERHADAP TARI TRADISIONAL MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI SD NEGERI 3 DONOROJO. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
DIANA AMBAR WATI_PGSD_AB2022.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DIANA AMBAR WATI_BAB 1_PGSD2022.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DIANA AMBAR WATI_BAB 2_PGSD2022.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DIANA AMBAR WATI_BAB 3_PGSD2022.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang: (1) faktor internal yang dapat mempengaruhi rendahnya minat siswa terhadap tari tradisional mata pelajaran seni budaya dan prakarya di SD Negeri 3 Donorojo (2) faktor eksternal yang dapat mempengaruhi rendahnya minat siswa terhadap tari tradisional mata pelajaran seni budaya dan prakarya di SD Negeri 3 Donorojo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri 3 Donorojo dengan jumlah keseluruhan 17 siswa. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data yang diberikan kepada guru seni budaya dan prakarya. Angket digunakan untuk mengumpulkan data yang diberikan kepada siswa. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dengan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor internal yang dapat mempengaruhi adalah faktor psikologi yaitu 8 siswa merasa senang mengikuti pembelajaran seni tari dan 9 siswa kurang senang mengikuti pembelajaran seni tari, untuk 10 siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran dan 7 siswa tidak mengalami kesulitan, bagi 5 siswa menyatakan situasi kelas ramai pada saat pembelajaran dan 12 siswa menyatakan kondisi dan suasan kelas nyaman, hanya 3 siswa yang bersedia ikutserta dalam kegiatan seni tari diluar sekolah (masuk sanggar tari), dari 17 siswa banyaknya siswa yang tidak mempelajari materi seni tari di rumah ada 11 siswa, keterlibatan siswa dalam mengikuti kegiatan menari yang dilaksanakan di sekolah berjumlah 7 siswa. (2) faktor eksternal yang dapat mempengaruhi adalah faktor keluarga yaitu kurangnya pola asuh dan perhatian kepada siswa pada saat melakukan proses belajar, faktor sekolah yaitu strategi guru dalam mengajar kurang efektif dan menyenangkan dan sarana prasarana yang kurang memadai, dan faktor masyarakat yaitu teman yang beda hobi dan dapat mempengaruhi siswa dalam hal minat. Kata Kunci: Minat Tari, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya, Tari Tradisional.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:06
Last Modified: 23 Nov 2022 01:56
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item View Item