PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN LITERASI NUMERASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 PACITAN

WIDYATI, NOVIAN and MULYADI, MULYADI and SUSANTO, HARI PURNOMO (2022) PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN LITERASI NUMERASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 PACITAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
NOVIAN WIDYATI_PM_AB2022.pdf

Download (122kB)
[img] Text
NOVIAN WIDYATI_BAB 1_PM2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
NOVIAN WIDYATI_BAB 2_PM2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
NOVIAN WIDYATI_BAB 3_PM2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
turnitin. 2023. Edumatic. Novian, Mulyadi, Hari. PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR DAN LITERASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Kedua yaitu untuk mengetahui pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Ketiga untuk mengetahui pengaruh konsentrasi belajar dan literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Variabel yang digunakan adalah konsentrasi belajar, literasi numerasi dan hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Pacitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket konsentrasi belajar dan instrumen tes literasi numerasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 8,4% dengan sifat pengaruhnya positif pada level rendah. 2) Terdapat pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 9,4% dengan sifat pengaruhnya positif pada level rendah. 3) Terdapat pengaruh konsentrasi belajar dan literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 16,1% dengan sifat pengaruhnya positif pada level sedang. Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Literasi Numerasi, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDSUSANTO, HARI PURNOMOharipurnomosusanto@gmail.com
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:16
Last Modified: 03 Jul 2023 04:53
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/895

Actions (login required)

View Item View Item