ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS X APHP SMK NEGERI KEBONAGUNG

AMINNI, TENSY (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS X APHP SMK NEGERI KEBONAGUNG. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
TENSY AMINNI_PM_AB2022.pdf

Download (121kB)
[img] Text
TENSY AMINNI_PM_AR2022.pdf

Download (336kB)
[img] Text
TENSY AMINNI_BAB 1_PM2022.pdf

Download (938kB)
[img] Text
TENSY AMINNI_BAB 2_PM2022.pdf

Download (986kB)
[img] Text
TENSY AMINNI_BAB 3_PM2022.pdf

Download (954kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pemahaman konsep trigonometri pada siswa jika dilihat dari kemampuan literasi digital tinggi, 2) pemahaman konsep trigonometri pada siswa jika dilihat dari kemampuan literasi digital sedang, 3) pemahaman konsep trigonometri pada siswa jika dilihat dari kemampuan literasi digital rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah kelas X APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) sebanyak 27 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pemahaman konsep trigonometri siswa pada kemampuan literasi digital tinggi siswa belum mampu menerjemahkan informasi yang ada pada soal ke dalam bentuk segitiga. Pada indikator interpretasi, siswa mampu menentukan penggunaan konsep tan. Pada indikator ekstrapolasi, siswa belum mampu menentukan hasil akhir, siswa mengalami berbagai kesalahan. 2) Pemahaman konsep trigonometri siswa pada kemampuan literasi digital sedang, pada indikator translasi, siswa mampu menerjemahkan informasi yang ada pada soal kedalam bentuk segitiga. Pada indikator interpretasi, siswa mampu menentukan penggunaan konsep tan. Pada indikator ekstrapolasi, siswa belum mampu melanjutkan konsep tan untuk menentukan hasil akhir. 3) Pemahaman konsep trigonometri siswa pada kemampuan literasi digital rendah adalah pada indikator translasi, siswa mampu menerjemahkan informasi yang ada pada soal kedalam bentuk segitiga. Pada indikator interpretasi, subjek mampu menetukan penggunaan konsep tan. Pada indikator ekstrapolasi, belum mampu melanjutkan konsep tan untuk menentukan hasil akhir. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Trigonometri, Bloom, Literasi Digital

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
UNSPECIFIEDMEIFIANI, NELY INDRAindrameifianinely@gmail.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULazril.dito@gmail.com
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:01
Last Modified: 23 Nov 2022 02:30
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item