ANALISIS KARAKTER SISWA SDN 3 GONDANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA

PRATIWI, ATIK (2022) ANALISIS KARAKTER SISWA SDN 3 GONDANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ATIK PRATIWI_PGSD_AB2022.pdf

Download (259kB)
[img] Text
ATIK PRATIWI_PGSD_AR2022.pdf

Download (280kB)
[img] Text
ATIK PRATIWI_PGSD_Cek Plagiasi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PGSD_ATIK PRATIWI_BAB I.pdf

Download (944kB)
[img] Text
PGSD_ATIK PRATIWI_BAB II.pdf

Download (977kB)
[img] Text
PGSD_ATIK PRATIWI_BAB III.pdf

Download (988kB)

Abstract

Atik Pratiwi. Analisis Karakter Siswa Kelas Iv Sdn 3 Gondang Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI PACITAN, 2022. Penelitian ini memiliki dua tujuan yang pertama untuk mengetahui Mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa dalam pengembangan karakter siswa kelas 4 SDN 3 Gondang. Sedangkan yang kedua bertujuan untuk mendeskripsi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Jawa siswa kelas 4 SDN 3 Gondang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Waktu penelitian ini pada tanggal Juni-Juli 2022 di SDN 3 Gondang. Subjek penelitian adalah 1 guru kelas, dan 2 siswa kelas IV SDN 3 Gondang. Subjek dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara yang meliputi karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa dalam pengembangan karakter siswa kelas IV SDN 3 Gondang menggunakan kurikulum 2013. Pembeda dalam proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa dalam pengembangan karakter dengan pelajaran yang lain, yaitu pembiasaan menggunakan bahasa krama alus dan bahasa ngoko saat berbicara. 2) Nilai karakter yang terdapat dalam materi pembelajaran Bahasa Jawa di SDN 3 Gondang adalah nilai karakter sopan santun dan hormat pada materi melakukan percakapan dengan judul “gawe omah”. Penerapan nilai karakter terwujud melalui tingkah laku dan tutur kata peserta didik. Nilai karakter lain yang dikembangkan di SDN 3 Gondang adalah nilai karakter religius dan disiplin. Nilai karakter terwujud melalui program pembiasaan sikap dan kegiatan keagamaan. Kata Kunci: pembelajaran bahasa jawa, nilai karakter siswa ABSTRACT Atik Pratiwi. The Analysis on The Character of Elementary School 3 Gondang Students in Javanese Language Learning. Thesis. Pacitan.STKIP PGRI PACITAN,2022 This study has two objectives, the first is to identify and describe the process of implementing Javanese language learning in the character development of the fourth grade students of SDN 3 Gondang. While the second, aims to describe the character values contained in learning Javanese for the fourth grade students of SDN 3 Gondang.This research is qualitative research using a descriptive method. The time of this research was carried out from June to July 2022 at SDN 3 Gondang. The research subjects were 1 class teacher, and 2 fourth grade students at SDN 3 Gondang. The subjects were selected by purposive sampling technique. Data collection techniques included documentation, observation, and interviews which include the character of students in learning Javanese. The validity of the data using techniques and sources triangulation. The data analysis used a qualitative descriptive technique.The results obtained in this study were: 1) The process of implementing Javanese language learning in the character development of fourth grade students at SDN 3 Gondang used the 2013 curriculum. The difference in the process of implementing Javanese language learning in character development from other lessons, namely the habit of using the language of krama alus and language ngoko when speaking. 2) The character value contained in the Javanese language learning material at SDN 3 Gondang was the character value of courtesy and respect in the material Conducting Conversations with the title "gawe omah". The application of character values was manifested through the behavior and students’ speech. Another character value developed at SDN 3 Gondang was the value of religiousity and discipline. This character value was realized through a program of habituation of religious attitudes and activities. Keywords: learning, javanese language, student character, values

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPifedeoer@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPifedeoer@gmail.com
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINsuryanisa733@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Oct 2022 04:49
Last Modified: 23 Nov 2022 01:20
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item