ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA PERKEMBANGAN LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JATIGUNUNG

ALFANDI RIZKY PUTRA, BOBY (2022) ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA PERKEMBANGAN LITERASI BACA TULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 JATIGUNUNG. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
BOBY ALFANDI RIZKY PUTRA_PGSD_AB2022.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BOBY ALFANDI RIZKY PUTRA_PGSD_AR2022.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BOBY ALFANDI RIZKY PUTRA_PGSD_Cek Plagiasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PGSD_BOBY ALFANDI RIZKY PUTRA-BAB I.pdf

Download (889kB)
[img] Text
PGSD_BOBY ALFANDI RIZKY PUTRA-BAB II.pdf

Download (926kB)
[img] Text
PGSD_BOBY ALFANDI RIZKY PUTRA-BAB III.pdf

Download (1MB)

Abstract

Boby Alfandi Rizky Putra. Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Pada Perkembangan Literasi Baca Tulis Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung. Skripsi. Pacitan. STKIP PGRI Pacitan, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dampak pandemi covid-19 pada perkembangan literasi baca tulis siswa kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung, (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi baca tulis siswa kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung, (3) mengetahui solusi yang diberikan oleh sekolah untuk mengatasi permasalahan literasi baca tulis siswa kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah SD Negeri 1 Jatigunung, guru kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung, dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung dengan jumlah 26 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman. Hasil penelitian ini adalah ditemukan permasalahan literasi baca tulis siswa kelas IV SD Negeri 1 Jatigunung yang disebabkan oleh pandemi covid-19 antara lain, (1) kurangnya minat dalam melakukan literasi baca tulis, (2) penggunaan gadget yang berlebihan pada saat pembelajaran dilakukan dengan cara daring, (3) kurangnya motivasi siswa untuk melakukan kegiatan literasi membaca dan menulis, (4) siswa malas untuk mengemukakan gagasan yang ada didalam diri sendiri. Solusi yang diberikan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah (1) guru memberikan perhatian yang lebih terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam hal literasi baca tulis, (2) melaksanakan kegiatan gerakan literasi sekolah kembali, (3) menyisihkan waktu pembelajaran untuk mengunjungi perpustakaan Kata Kunci: pandemi covid-19, literasi, baca tulis ABSTRACT Boby Alfandi Rizky Putra. Analysis of the Impact of the Covid-19 Pandemic on the Literacy Development of Fourth Grade Students of SD Negeri 1 Jatigunung. Thesis. Pacitan. STKIP PGRI Pacitan, 2022. This study aimed to (1) determine the impact of the covid-19 pandemic on the development of literacy for fourth grade students at SD Negeri 1 Jatigunung, (2) find out the factors that affect the literacy skills of fourth grade students at SD Negeri 1 Jatigunung, (3) find solutions given by the school to overcome literacy problems for fourth grade students of SD Negeri 1 Jatigunung. This research was a qualitative research using a descriptive approach. The informants in this study were the principal of SD Negeri 1 Jatigunung, grade IV teachers at SD Negeri 1 Jatigunung, and grade IV students at SD Negeri 1 Jatigunung with a total of 26 children. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The data analysis technique used the Miles and Hubberman model. The results of this study were found to be literacy problems for fourth grade students of SD Negeri 1 Jatigunung caused by the covid-19 pandemic, among others, (1) lack of interest in reading and writing literacy, (2) excessive use of gadgets when learning was carried out by online, (3) lack of student motivation to carry out reading and writing literacy activities, (4) the students were lazy to express their own ideas. The solution given by the teacher to overcome this problem were (1) the teacher paid more attention to students who have difficulty in literacy, (2) carried out school literacy movement activities again, (3) set aside learning time to visit the library. Keywords: covid-19 pandemic, literacy, reading and writing

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYferryaristya@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayatullah200289@gmail.com
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYferryaristya@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINALinaerviana27@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Oct 2022 04:59
Last Modified: 23 Nov 2022 01:36
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item