ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BORANG

NURFINA, ENDAH (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BORANG. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ENDAH NURFINA_PGSD_AB2022.pdf

Download (270kB)
[img] Text
ENDAH NURFINA_PGSD_AR2022.pdf

Download (272kB)
[img] Text
ENDAH_NURFINA_PGSD_Cek Plagiasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PGSD_ENDAH NURFINA_BAB I.pdf

Download (868kB)
[img] Text
PGSD_ENDAH NURFINA_BAB II.pdf

Download (967kB)
[img] Text
PGSD_ENDAH NURFINA_BAB III.pdf

Download (942kB)

Abstract

Endah Nurfina. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Borang. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan,2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) kesulitan belajar dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Borang (2) keterkaitan kesulitan belajar dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Borang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Borang dengan jumlah keseluruhan 10 siswa. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data yang diberikan kepada guru dan siswa. Tes digunakan untuk mengumpulkan data yang diberikan kepada siswa. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dengan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesulitan belajar yang dialami oleh siswa terdapat di aspek yang diamati pada cara belajar yaitu, siswa melaksanakan atau mengerjakan tugas secara mandiri dan siswa percaya diri dalam melaksanakan tugasnya sendiri. aspek perhatian siswa pada saat pembelajaran yaitu siswa mengikuti pembelajaran dengan selalu mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan tidak mengganggu teman-teman yang lainnya. Aspek minat siswa dalam belajar yaitu siswa memiliki rasa kengingin tahuan yang tinggi terhadap pembelajaran yang diberikan guru. Aspek keaktifan siswa dalam pembelajaran yaitu siswa melaksanakan kegiatan dengan aktif tanya jawab dengan guru. (2) adanya keterkaitan kesulitan belajar dan kepercayaan diri akan mempengaruhi hasil dari pembelajaran, Kurangnya komunikasi dengan teman-teman juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang, karena pada saat menyampaikan pendapat siswa tersebut sudah merasa kurang percaya diri dan kurangnya motivasi untuk diri sendiri agar lebih berfikir positif dengan kemampuan yang dimiliki. Menjadikan siswa yang mengalami kesulitan belajar akan mempengaruhi juga pada kepercayaan dirinya. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Kepercayaan Diri, Kesulitan Belajar. ABSTRACT Endah Nurfina. An Analysis of Indonesian Language Learning Judging from the Self-Confidence of Grade IV Students of SD Negeri 1 Borang. Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. This study aims to find out about: (1) learning difficulties and students' self-confidence in learning Indonesian languange in class IV SD Negeri 1 Borang (2) the relationship between learning difficulties and students' self-confidence in learning Indonesian language in class IV SD Negeri 1 Borang. This type of research was a descriptive qualitative research. The implementation of this research was the even semester of the 2021/2022 academic year. The subjects of this study were fourth grade students of SD Negeri 1 Borang with a total of 10 students. The collecting data were observation, interviews, tests, and documentation. Interviews used to collect data given to teachers and students. Tests used to collect data given to students. The validity of the data used source triangulation and technical triangulation. Data analysis used the Miles and Huberman model including data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that: (1) the learning difficulties experienced by students were in the aspects observed in the way of learning, namely, students carry out or do assignments independently and students are confident in carrying out their own tasks. The aspect of student’s attention during learning process, when the students follow the lesson and try to listen to the teacher's explanation carefully and do not disturbing other friends. Aspects of students' interest in learning, namely students have a high sense of curiosity about the learning provided by the teacher. The aspect of student activity in learning that students carry out activities by actively asking and answering questions with the teacher. (2) there was a link between learning difficulties and self-confidence that will affect the results of learning. Lack of communication with friends can also affect one's self-confidence.. It was because expressing opinions the student already feels less confident and lacks motivation for himself to think more positive with their abilities. Making students who have learning difficulties will also affect their self-confidence. Keywords: Indonesian Language, Confidence, Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Oct 2022 05:23
Last Modified: 23 Nov 2022 01:40
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item