ROY HARTADI, FABRIAN (2022) PENGHAMBAT BELAJAR MEMBACA PADA SISWA KELAS 3 DI SD NEGERI 2 CANDI. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
FABRIAN ROY HARTADI_PGSD_AB2022.pdf Download (309kB) |
|
Text
FABRIAN ROY HARTADI_PGSD_AR2022.pdf Download (214kB) |
|
Text
FABRIAN ROY HARTADI_PGSD_Cek Plagiasi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fabrian Roy Hartadi: Penghambat Belajar Membaca Pada Siwa Kelas 3 di SD Negeri II Candi. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang Penghambat Belajar Membaca Pada Siwa Kelas 3 Untuk Memenuhi Pembelajaran di SD Negeri II Candi. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas 3 SD Negeri 2 Candi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat membaca siswa kelas III SD Negeri 2 Candi diantaranya yaitu: faktor intelektual, faktor lingkungan, kurangnya motivasi dari pihak keluarga, kurangnya minat membaca siswa. Sedangkan solusi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca yaitu: guru harus memprioritaskan serta memberikan perhatian yang khusus terhadap siswa tersebut yang mengalami kesulitan membaca, memantau anak dalam belajar membaca, dan minat siswa harus dikembangkan terus menerus. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbaikan peningkatan pembelajaran yang dapat mengembangkan minat serta kemampuan membaca siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa pemikiran guna kemajuan kemampuan dalam pembelajaran membaca kelas 3 SD Negeri 2 Candi. Kata Kunci: Faktor penghambat, kelemahan membaca. ABSTRACT Fabrian Roy Hartadi: Barriers to Learning to Read for Grade 3 Students at SD Negeri II Candi. Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. This study aims to describe the barriers to learning to read in class 3 students to fulfill learning at SD Negeri II Candi. This research is a quantitative research. The subject of this research is grade 3 SD Negeri 2 Candi. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. The results showed that the inhibiting factors for reading third grade students at SD Negeri 2 Candi include: intellectual factors, environmental factors, lack of motivation from the family, lack of interest in reading students. While the solutions used to overcome difficulties in reading are: teachers must prioritize and give special attention to students who have reading difficulties, monitor children in learning to read, and students' interests must be developed continuously. The results of this study can be used as an improvement in improving learning that can develop students' interest and reading skills. This research is expected to be able to contribute in the form of thinking for the advancement of skills in learning to read for grade 3 SD Negeri 2 Candi. Keywords: Inhibiting factor, reading weakness.
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini | |||||||||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2022 05:28 | |||||||||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2022 05:28 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/962 |
Actions (login required)
View Item |