ARTHA JALUAJI, GAYUH (2022) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH PENGGUNAAN WHATSAPP SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KELAS VI SDN 1 SUGIHWARAS. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
GAYUH ARTHA JALUAJI_PI_AB2022.pdf Download (217kB) |
|
Text
GAYUH ARTHA JALUAJI_PI_AR2022.pdf Download (204kB) |
|
Text
GAYUH ARTHA JALUAJI_PI_Cek Plagiasi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Gayuh Artha Jaluaji. Analisis Pemecahan Masalah Penggunaan Whatsapp Pada Pembelajaran Tatap muka Kelas VI SDN 1 Sugihwaras. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apa saja yang dapat di kerjakan dengan mengunakan Whatsapp, (2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang didapat siswa dalam menggunakan Whatsapp sebagai media pembelajaran, (3) Untuk memperoleh solusi yang dapat meminimalisir kedala yang terdapat saat menggunakan Whatsapp sebagai media pembelajaran. Objek penelitian ini adalah sebagaimana Whatsapp digunakan sebagai media pembelajaran.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data memperoleh kesimpulan bahwa penggunaan Whatsapp saat ini digunakan utuk kebutuhan dalam pengerjaan tugas yang ada di rumah yang sebagaimana guru tidak dapat memberikan pengarahan secara langsung, dalam penggunannya yaitu di gunakan untuk pekerjaan rumah yang berbentuk video dan foto. Dalam pengerjaannya murid sering terkendala akan sinyal yang kurang bagus atau bahkan buruk yang mengharuskan siswa mencari sinyal ataupun menumpang wifi pada tetangga yang mempunyai wifi dengan demikian tugas dapat terkirim dengan tepat waktu. Kata Kunci: Penggunaan Whatsapp, sinyal, wifi, dan Siswa. ABSTRACT Gayuh Artha Jaluaji. Problem Solving Analysis of Whatsapp Use in Face-to-face Learning Class VI SDN 1 Sugihwaras. Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. This study aims to determine: (1) To find out what can be done using Whatsapp, (2) To find out what obstacles students get in using Whatsapp as a learning medium, (3) To obtain a solution that can minimize the problems that occur when using Whatsapp as a learning medium. The object of this research is how Whatsapp is used as a learning medium. The data collection techniques used are observation, interviews. The data analysis used in this research is data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of data analysis concluded that the use of Whatsapp is currently used for needs in carrying out tasks at home which as teachers cannot provide direct direction, in its use it is used for homework in the form of videos and photos. In the process, students are often constrained by a signal that is not good or even bad which requires students to look for a signal or ride wifi on a neighbor who has wifi so that assignments can be sent on time. Keywords: Whatsapp usage, signal, wifi, and students.
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Informatika | |||||||||||||||
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini | |||||||||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2022 05:43 | |||||||||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2022 05:43 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/966 |
Actions (login required)
View Item |