HANA YULISARANI, NUR (2022) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS 5 SD DALAM BERINTERAKSI DENGAN GURU PADA SAAT PEMBELAJARAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
NUR HANA YULISARANI_PGSD_AB2022.pdf Download (226kB) |
|
Text
NUR HANA YULISARANI_PGSD_AR2022.pdf Download (245kB) |
|
Text
NUR HANA YULISARANI_PGSD_Cek Plagiasi.pdf Download (1MB) |
|
Text
PGSD_NUR HANA YULISARANI_BAB I.pdf Download (914kB) |
|
Text
PGSD_NUR HANA YULISARANI_BAB II.pdf Download (989kB) |
|
Text
PGSD_NUR HANA YULISARANI_BAB III.pdf Download (961kB) |
Abstract
Nur Hana Yulisarani. Analisis Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas 5 SD Dalam Berinteraksi Dengan Guru Pada Saat Pembelajaran. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan,2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang: (1) kesantunan berbahasa siswa kelas 5 di SD Negeri 1 Kayen (2) penyimpangan tentang perinsip kesantunan berbahasa di SD Negeri 1 Kayen (3) interaksi antara guru dengan siswa saat pembelajaran di SD Negeri 1 Kayen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas 5 di SD Negeri 1 Kayen dengan jumlah keseluruhan 16 siswa. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data yangdiberikan kepada guru kelas dan siswa. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, dengan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesantunan berbahasa yang dimiliki siswa kelas 5 SD Negeri 1 Kayen sangat kurang, ada beberapa siswa yang sering menggunakan bahasa kurang santun 2 diantaranya bahkan sangat sering menggunakan bahasa yang kotor saat berinteraksi dengan teman sebayanya. Pengaruh lingkungan diluar sekolah menjadikan siswa memiliki kebiasaan yang buruk yaitu kurangnya rasa sopan santun. 1 diantara 2 siswa tersebut adalah siswa perempuan. Walaupun begitu ada juga siswa yang menggunakan bahasa santun ketika berinteraksi dengan guru. 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan.Dengan kebiasaan yang diberikan orang tua untuk selalu menggunakan bahasa yang santun, siswa tersebut dapat menerapkannya di lingkungan sekolah. (2) penyimpangan kesantunan berbahasa yang sering dilakukan siswa adalah ketika siswa memanggil nama temannya dengan sebutan hewan, siswa bertanya kepada guru dengan berteriak-teriak, saat proses pembelajaran berlasung siswa sering berkata kotor atau dalam bahasa jawa dikenal dengan misuh. (3) bentuk interaksi yang dilakukan guru dengan siswa pada saat pembelajaran adalah saat guru melakukan sesi tanya jawab, pemberian kuis, siswa menanyakan soal yang belum dipahami. Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa, Interaksi, Pembelajaran ABSTRACT Nur Hana Yulisarani. Analysis of Language Politeness of 5th Grade Elementary School Students in Interacting with Teachers During Learning. Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. This study aims to describe: (1) language politeness of grade 5 students at SD Negeri 1 Kayen (2) deviations about the principles of language politeness at SD Negeri 1 Kayen (3) interactions between teachers and students during learning at SD Negeri 1 Kayen. This type of research is descriptive qualitative research. The implementation of this research is in the even semester of the 2021/2022 academic year. The subjects of this study were grade 5 students at SD Negeri 1 Kayen with a total of 16 students. Collecting data in the form of observation, interviews, and documentation. Interviews were used to collect data given to class teachers and students. The validity of the data used source triangulation and technical triangulation, with data analysis using the Miles and Huberman model including data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that: (1) the language politeness of the 5th grade students of SD Negeri 1 Kayen was very lacking, there were some students who often used less polite language, 2 of them even very often used dirty language when interacting with their peers. The influence of the environment outside the school makes students have bad habits, namely a lack of courtesy. 1 of the 2 students is a female student. However, there are also students who use polite language when interacting with teachers. 1 male student and 1 female student. With the habit given by parents to always use polite language, these students can apply it in the school environment. (2) language politeness deviations that are often done by students are when students call their friends' names as animals, students ask the teacher by shouting, during the learning process students often say dirty words or in Javanese it is known as misuh. (3) the form http://repository.stkippacitan.ac.id of interaction between the teacher and students during learning is when the teacher conducts a question and answer session, gives quizzes, students ask questions that have not been understood. Keywords: Language Politeness, Interaction, Learning
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini | |||||||||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2022 05:55 | |||||||||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:49 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/970 |
Actions (login required)
View Item |