ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DI SD NEGERI PUCANGSEWU

ARIANGGA, YUNITA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DI SD NEGERI PUCANGSEWU. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
YUNITA ARIANGGA_PGSD_AB2022.pdf

Download (226kB)
[img] Text
YUNITA ARIANGGA_PGSD_AR2022.pdf

Download (361kB)
[img] Text
YUNITA ARIANGGA_PGSD_Cek Plagiasi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PGSD_YUNITA ARIANGGA_BAB I.pdf

Download (833kB)
[img] Text
PGSD_YUNITA ARIANGGA_BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PGSD_YUNITA ARIANGGA_BAB III.pdf

Download (833kB)

Abstract

Yunita Ariangga. Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas I menggunakan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Di SD Negeri Pucangsewu Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca permulaan di kelas I SD Negeri Pucangsewu, (2) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis permulaan di kelas I SD Negeri Pucangsewu, (3) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis permulaan menggunakan metode SAS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I sedangkan objek penelitiannya adalah Analisis kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I menggunakan metode SAS. Hal ini dilaksanakan untuk menganalisis kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil yang penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SD Negeri Pucangsewu, dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa yang sudah mampu membaca dengan baik dan lancar. Karena adanya motivasi siswa dalam belajar membaca dapat membuat siswa tersebut lancar dan dapat membaca dengan baik. Selain itu juga masih ada siswa yang masih belum bisa membaca dengan baik dan masih belum lancar. 2)Kemampuan menulis permulaan siswa di kelas I SD Negeri Pucangsewu,Terdapat beberapa siswa yang sudah mampu menulis kata maupun menulis kalimat sederhan dengan tulisan yang jelas. Penulisan huruf sudah tepat dan dapat dibaca, siswa mampu menulis tetapi hanya saja kelengkapan huruf dalam kata atau kalimat masih kurang rapi, penggunaan spasi pada tulisan kurang tepat dan masih ada coretan coretna tidak jelas dalam tulisan. Selain itu ada juga siswa yang sama sekali masih kurang mampu dalam menulis. 3) Pelaksaan pembelajaran membaca dan menulis permulaan menggunakan metode SAS, dapat diketahui bahwa penggunaan metode SAS dapat membantu dalam proses pembelajaran serta membuat siswa semangat dalam belajar dan berlatih membaca dan menulis. Melalui penggunaan metode SAS membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Menulis Permulaan, Metode SAS ABSTRACT Yunita Ariangga. Analysis of Initial Reading and Writing Ability of Grade I Students using the SAS (Synthetic Analytical Structural) Method at SD Negeri Pucangsewu for the 2021/2022 Academic Year. Thesis. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan, 2022. This study aims (1) to determine the ability of students to read the beginning in the first grade of SD Negeri Pucangsewu, (2) to determine the ability of students to write early in the first grade of SD Negeri Pucangsewu, (3) to find out the implementation of early reading and writing learning using the SAS method. This research was a qualitative research. The subject of this study being first grade students while the object of the study were analysis of the ability to read and write the beginning of first grade students using the SAS method. This was carried out to analyze the ability to read and write the beginning of first grade students. The data collection techniques used observation, tests, and documentation. The results of the study showed that: 1) The initial reading ability of students in the first grade of SD Negeri Pucangsewu can be seen that most of the students who are already able to read well and fluently. It was because the motivation of students in learning to read can make the student fluent and able to read well. In addition, there were still students who can't read well and not fluent. 2) The ability to write the beginning of students in the first grade of SD Negeri Pucangsewu, there were several students who have been able to write words or write simple sentences with clear writing. Students were able to write but it was not complete of the letters in words or sentences was not neat, the use of spaces in the writing was not right and there were still unclear scribbles in the writing. In addition, there were also students who still incapable of writing. 3) The implementation of early reading and writing learning using the SAS method, it can be known that the use of the SAS method can help the learning process and make students enthusiastic in learning and practicing reading and writing. Through the use of the SAS method makes students more active in learning. Keywords: Beginning Reading Ability, Writing Beginning, SAS Method

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDERVIANA, LINALinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINALinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 29 Oct 2022 06:59
Last Modified: 23 Nov 2022 02:19
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item