PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 2 PACITAN

OKTAVIA, TRI AJENG and MAHARANI, DINA and KHOIRUL, QUDSIYAH (2022) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 2 PACITAN. PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 2 PACITAN.

[img] Text
AI_PPL_kelompok 4_PM .pdf

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan analisis dan informasi fenomena yang terjadi dalam penerapan pembelajaran matematika pada Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri 2 Pacitan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif kualitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui google form berupa kuesioner jawaban singkat dan observasi untuk mendapatkan fenomena yang terjadi. Jumlah subjek ada 70 responden yang berasal dari siswa kelas X SMK Negeri 2 Pacitan yang telah mengisi kuesioner melalui google form. Dari data yang diperoleh penerapan pembelajaran matematika pada Kurikulum Merdeka Belajar masih menemui permasalahan contohnya persepsi siswa terhadap matematika yang buruk, media pembelajaran kurang interaktif, pembelajaran monoton, guru gagap IT, fasilitas pendukung pembelajaran kurang. Kesimpulannya penerapan kurikulum Merdeka Belajar perlu adanya peningkatan dalam inovasi dan kekreatifan guru dalam merancang model dan media pembelajaran yang lebih interaktif bagi siswa serta menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna mensukseskan penerapan program yang sesuai dengan tujuan Kurikulum Merdeka Belajar. Kata Kunci: Problematika Pembelajaran, Merdeka Belajar, Pembelajaran Matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:26
Last Modified: 24 May 2023 02:10
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item