HADI, SAMSUL and KURNIAWAN, WAHYU and SAPUTRA, RISKI EKA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN DESAIN GRAFIS DENGAN COREL DRAW PADA SISWA XI MULTIMEDIA SMKN KEBONAGUNG. PENINGKATAN KEMAMPUAN DESAIN GRAFIS DENGAN COREL DRAW PADA SISWA XI MULTIMEDIA SMKN KEBONAGUNG.
Text
AI_PPL_KELOMPOK 6_PI.pdf Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya aplikasi desain yang sangat instan yang tentunya sangat memudahkan para siswa dalam menciptakan sebuah desain akan tetapi menjadikan kreatifitas atau kemampuan seorang siswa berkurang dalam menciptakan sebuah desain grafis karena sudah terbiasa menggunakan aplikasi yang isntan. Dari berbagai aplikasi desain grafis corel draw merupakan salah satu aplikasi desain yang mudah digunakan akan tetapi tidak secara instan. Oleh karena itu pengguna harus memahami tool yang terdapat pada aplikasi tersebut untuk dapat menciptakan sebuah desain grafis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan desain grafis pada siswa dengan pemahaman tool yang terdapat pada aplikasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus, Teknik pengumpulan data ini berupa test. Analisis pengumpulan data menggunakan analisis ketuntasan belajar. Berdasarkan Hasil dari penelitian ini, didapatkan bahwa aplikasi corel mampu meningkatkan kreatifitas siswa desain grafis siswa, sebanyak 18 siswa dari 28 siswa mencapai nilai yang diharapkan. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi Corel Draw cukup alternatif dan efisien karena hasil belajar siswa telah mencapai lebih dari setengah jumlah siswa telah mencapai lebih dari setengah jumlah siswa yang mencapai ketuntasan minimal Keywords: Corel Draw, Desain Grafis, Aplikasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Pendidikan Informatika |
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 08:11 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 08:11 |
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/988 |
Actions (login required)
View Item |