ANALISIS KREATIVITAS SISWA PADA METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS SMKN 1 DONOROJO

PRIHASTONO, GILANG RIZKI (2020) ANALISIS KREATIVITAS SISWA PADA METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS SMKN 1 DONOROJO. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
GILANG RIZKI PRIHASTONO_PI_AB2020.pdf

Download (225kB)
[img] Text
GILANG RIZKI PRIHASTONO_PI_AR2020.pdf

Download (287kB)

Abstract

ABSTRAK GILANG RIZKI PRIHASTONO: Analisis Kreativitas Siswa pada Metode Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis SMKN 1 Donorojo. Skripsi. Pacitan: STKIP PGRI Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa pada metode pembelajaran Project Based Learning (PJBL) mata pelajaran dasar desain grafis di SMKN 1 Donorojo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif tidak menggunakan istilah populasi, tetapi dinamakan social situation atau situasi sosial yang terdiri dari tiga elemen, yaitu tempat (place), pelaku (actors), dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis. Sampel dalam penelitian kualitatif bukan dinamakan responden, tetapi sebagai narasumber, atau partisipan, informan, teman dan guru dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Donorojo yang merupakan informan utama. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dan tervalidasi dianalisis secara deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan kreativitas siswa kelas X TKJ SMK N 1 Donorojo melalui triangulasi data. Teknik triangulasi digunakan untuk membandingkan data-data yang terkumpul baik melalui rekaman data observasi maupun tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, metode pembelajaran PJBL mampu mempermudah siswa dalam mengembangkan dan memunculkan kreativitasnya. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang diperoleh, yaitu kreativitas siswa A mendapatkan nilai 67 berarti siswa tersebut memiliki tingkat kreativitas tinggi, siswa B mendapatkan nilai 72 berarti siswa memiliki tingkat kreativitas tinggi, dan siswa C mendapatkan nilai 83 berarti siswa tersebut memiliki tingkat kreativitas sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa metode PJBL berpengaruh positif terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas X TKJ SMK N 1 Donorojo. Kata Kunci: PJBL, Kreativitas Siswa, Dasar Desain Grafis

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODIUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRAHAYU, DWIUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Anindita Retno Wardani
Date Deposited: 22 Aug 2020 10:04
Last Modified: 02 Sep 2020 05:40
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item