ROFIAH, AINUN and TISNGATI, URIP and ARDHYANTAMA, VIT (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
AINUN ROFIAH_PGSD_AB2023.pdf Download (174kB) |
|
Text
AINUN ROFIAH_BAB 1_PGSD2023.pdf Download (185kB) |
|
Text
AINUN ROFIAH_BAB 2_PGSD2023.pdf Download (625kB) |
|
Text
AINUN ROFIAH_BAB 3_PGSD2023.pdf Download (328kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) prosedur pengembangan produk media Scrapbook pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar; (2) kelayakan media media Scrapbook pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar; (3) efektifitas media Scrapbook pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi Sugiyono (2015) dengan 7 langkah tahapan. Langkah-langkah yang ditempuh meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) ujicoba media; (7) revisi produk. Produk Scrapbook diujicobakan kepada 9 siswa kelas IV sekolah dasar dalam uji coba kelompok kecil. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media serta respon guru dan siswa kelas IV sekolah dasar sebagai subjek uji coba. Keefektifan produk didasarkan pada hasil angket minat sebelum dan sesudah subjek uji coba. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik tingkat kevalidan produk, analisis data angket respon, dan analisis data uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media Scrapbook pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar telah dikembangkan dengan model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi Sugiyono (2015); (2) kelayakan media Scrapbook dinyatakan “Sangat Valid” oleh ahli materi dengan rerata sebesar 4,62 dan oleh ahli media dengan rerata sebesar 4,4, dinyatakan “Valid” serta perolehan hasil angket respon guru sebesar 100% dan hasil angket respon siswa sebesar 98,70% dengan kategori “Sangat Layak”; (3) tingkat keefektifan media Scrapbook dinyatakan efektif dengan rata-rata N-Gain score adalah 0,7 yang berarti kategori sedang dan persentase N-Gain score menunjukkan angka73% yang bemakna cukup efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran, Scrapbook, Minat, Pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2024 04:35 | |||||||||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 04:35 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1505 |
Actions (login required)
View Item |