YOGAWA, CHINDY and HIDAYAT, TAUFIK and SUGIYONO, SUGIYONO (2024) IMPLIKASI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SDN NGADIREJAN KECAMATAN PRINGKUKU, KABUPATEN PACITAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
CHINDY YOGAWA_PGSD_AB2023.pdf Download (173kB) |
|
Text
CHINDY YOGAWA_PGSD_AR2023.pdf Download (859kB) |
|
Text
CHINDY YOGAWA_BAB 1_PGSD2023.pdf Download (148kB) |
|
Text
CHINDY YOGAWA_BAB 2_PGSD2023.pdf Download (247kB) |
|
Text
CHINDY YOGAWA_BAB 3_PGSD2023.pdf Download (129kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implikasi lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter anak di SDN Ngadirejan; (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang terdapat di lingkungan sekolah terhadap upaya pembentukan karakter anak SDN Ngadirejan; Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian secara deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa kelas IV dan pemilik kantin di SDN Ngadirejan yang dianggap memiliki pengetahuan dan informasi mengenai permasalahan yang diteliti yaitu, implikasi lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter anak di SDN Ngadirejan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat implikasi lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter anak dengan mewawancarai informan yang dilihat dari aspek implikasi pendidik, murid, kantin, ruang kelas dan lapangan bermain. Adapun pendidik dan murid sama-sama memiliki dampak positif dan juga dampak negatif terhadap pembentukan karakter anak; (2) faktor pendukung dan penghambat yang terdapat di lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter anak yaitu: a) faktor pendukung, yang dapat memberikan implikasi terhadap pembentukan karakter peserta didik di SDN Ngadirejan adalah para pendidik dan murid; b) faktor penghambat, proses penyampaian contoh dan nasehat kepada peserta didik yang tidak bisa langsung diterima oleh murid dan butuh waktu untuk membentuk karakter murid yang memiliki watak yang berbeda-beda. Kata Kunci: Implikasi, Lingkungan Sekolah, Pembentukan Karakter Anak.
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 08 Feb 2024 14:24 | |||||||||||||||
Last Modified: | 08 Feb 2024 14:24 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1519 |
Actions (login required)
View Item |