KESIAPAN DAN HAMBATAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

ARDHANI, KUSUMA and TISNGATI, URIP and SUGIYONO, SUGIYONO (2024) KESIAPAN DAN HAMBATAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
KUSUMA ARDHANI_PGSD_AB2023.pdf

Download (110kB)
[img] Text
KUSUMA ARDHANI_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (169kB)
[img] Text
KUSUMA ARDHANI_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (226kB)
[img] Text
KUSUMA ARDHANI_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi kurikulum merdeka, (2) kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, (3) hambatan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SD Negeri Ponggok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SD Negeri Ponggok. Teknik pengumpulan data meliputi observasi pelaksanaan pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran dikategorikan sangat baik, yang mencakup persiapan pembelajaran dengan rata-rata skor 3,5 untuk kelas I dan 3,25 untuk kelas IV, pelaksanaan pembelajaran dengan rata-rata skor 3,1 untuk kelas I dan 3,05 untuk kelas IV, dan penilaian pembelajaran dengan rata-rata skor 4,00 untuk kelas I maupun kelas IV; 2) Kesiapan guru SD Negeri Ponggok dalam implementasi kurikulum merdeka dikategorikan sangat baik pada persiapan, pelaksanaan, hingga penilaian pembelajaran dan dari tiga karakteristik kurikulum merdeka yang ada pada lembar observasi dua diantaranya terpenuhi; 3) Adapun hambatan yang dialami oleh guru SD Negeri Ponggok dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, yaitu sulitnya mengubah metode mengajar yang lama yang terkadang masih menggunakan model pembelajaran kurikulum 2013 dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang belum maksimal. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Kesiapan Guru, Hambatan Guru, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKetaufik87@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 10 Feb 2024 09:11
Last Modified: 10 Feb 2024 09:11
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item