ARDHIAN, LUTFI and BURHANUDDIN, AFID and ERVIANA, LINA (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 SD NEGERI MENADI. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
LUTFI ARDHIAN_PGSD_AB2023.pdf Download (116kB) |
|
Text
LUTFI ARDHIAN_PGSD_AR2023.pdf Download (177kB) |
|
Text
LUTFI ARDHIAN_BAB 1_PGSD2023.pdf Download (141kB) |
|
Text
LUTFI ARDHIAN_BAB 2_PGSD2023.pdf Download (200kB) |
|
Text
LUTFI ARDHIAN_BAB 3_PGSD2023.pdf Download (160kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) 1. mengetahui kesulitan belajar pada siswa kelas III di SDN Menadi (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas III di SDN Menadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menadi yang berlokasi di Jl. Grindulu No.43 Ds. Menadi, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Penelitian ini akan dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Menadi. Objek dalam penelitian ini adalah Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa pada mata Pelajaran siswa kelas 3 SDN Menadi Pacitan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pengujian validitas dan realibilitas yang sering disebut pemeriksaan keabsahan data. Proses analisis data penelitian ini menurut model Miles dan Huberman yaitu meliputi aktivitas pengumpulan data, data reduction, (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing atau penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu: (1) Kesulitan belajar pada siswa kelas III di SDN Menadi adalah siswa yang terlalu aktif saat bergurau dengan teman, materi yang terlalu banyak sehingga siswa harus merenungkan untuk memahaminya, siswa yang merasa bingung, dan siswa yang merasa bosan. (2) Berdasarkan analisa peneliti serta hasil wawancara maka didapatkan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas iii di sdn menadi yaitu faktor anak didik yaitu gaya belajar siswa dan daya berfikir atau kognitif siswa, faktor keluarga yaitu SDM orang tua yang kurang maka tidak dapat mengimbangi siswa untuk membantu mengerjakan tugas sekolah, dan faktor sekolah materi yang banyak dan bercampur. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa masih ada kesulitan dan faktor yang membuat siswa kesulitan dalam belajar tematik. Kata Kunci: tematik, kesulitan belajar, faktor
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2024 09:32 | |||||||||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2024 09:32 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1537 |
Actions (login required)
View Item |