ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI IPA DI SD NEGERI 2 JETAK

HARDIANTY, OKTA DWI and ERVIANA, LINA and BURHANUDDIN, AFID (2024) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI IPA DI SD NEGERI 2 JETAK. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
OKTA DWI HARDIANTYI_PGSD_AB2023.pdf

Download (122kB)
[img] Text
OKTA DWI HARDIANTY_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (106kB)
[img] Text
OKTA DWI HARDIANTY_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (246kB)
[img] Text
OKTA DWI HARDIANTY_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) Proses belajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik materi IPA di SD Negeri 2 Jetak, 2) Keterampilan bertanya siswa kelas V pada pembelajaran tematik materi IPA di SD Negeri 2 Jetak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 jetak. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses belajar siswa kelas V saat pembelajaran tematik materi IPA sudah terlaksana dengan baik, dan sudah ada interaksi yang baik antara guru dan siswa. Pembelajaran tematik di kelas V menggunakan dua buku pelajaran, yaitu buku paket tematik dan buku LKS tematik. 2) Keterampilan bertanya siswa kelas V pada pembelajaran tematik sangat bervariasi, beberapa siswa merasa senang ketika bertanya saat pembelajaran di kelas, sebab bisa mendapatkan reward berupa nilai tambahan. Secara keseluruhan keterampilan bertanya guru juga ikut memancing dan memotivasi siswa untuk bertanya, serta mengalami peningkatan keaktifan siswa dalam bertanya di kelas. Selain itu, pada proses pembelajaran antusias siswa menjadi lebih meningkat. Peneliti menyimpulkan bahwa siswa yang memiliki keterampilan bertanya yang baik cenderung lebih aktif selama proses pembelajaran dan berprestasi, dibandingkan dengan siswa yang tidak memiliki keterampilan bertanya. Kata kunci: Keterampilan Bertanya, Pembelajaran Tematik, IPA

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayt@stkippacitan.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 10 Feb 2024 14:07
Last Modified: 10 Feb 2024 14:07
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item