ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SD NEGERI 2 HADIWARNO

MAHIRRIYA, PUTRI and BURHANUDDIN, AFID and SUGIYONO, SUGIYONO (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SD NEGERI 2 HADIWARNO. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
PUTRI MAHIRRIYA_PGSD_AB2023.pdf

Download (122kB)
[img] Text
PUTRI MAHIRRIYA_PGSD_AR2023.pdf

Download (249kB)
[img] Text
PUTRI MAHIRRIYA_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (147kB)
[img] Text
PUTRI MAHIRRIYA_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (224kB)
[img] Text
PUTRI MAHIRRIYA_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I; (2) Mengetahui kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I; (3) Mengetahui faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam membaca permulaan siswa kelas I. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan subjek 12 siswa kelas I yaitu 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data peneliti, menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan metode triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 2 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan kurang, 1 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan cukup, 3 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan baik, dan 6 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan baik sekali. (2) Kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa dianataranya belum bisa mengenal dan membedakan huruf vokal dan konsonan, menghilangkan huruf dalam kata, keliru dalam menyebutkan huruf yang memiliki bentuk hampir sama, kelancaran membaca yang dinilai masih kurang, masih belum memperhatikan tanda baca saat membaca. (3) Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, seperti sikap atau kebiasaan siswa selama proses pembelajaran serta minat siswa dalam membaca permulaan. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri siswa, meliputi pengaruh lingkungan pertemanan dan lingkungan keluarga. Kata Kunci: Kemampuan, membaca, permulaan, Siswa kelas I.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDsugiyonopacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDSURYATIN, SURYATINsuryanisa733@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 10 Feb 2024 22:56
Last Modified: 10 Feb 2024 22:56
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item