WULANDARI, RISMA and ARDHYANTAMA, VIT and BURHANUDDIN, AFID (2024) FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
RISMA WULANDARI_PGSD_AB2023.pdf Download (121kB) |
|
Text
RISMA WULANDARI_BAB 1_PGSD2023.pdf Download (163kB) |
|
Text
RISMA WULANDARI_BAB 2_PGSD2023.pdf Download (235kB) |
|
Text
RISMA WULANDARI_BAB 3_PGSD2023.pdf Download (136kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan deskripsi faktor penyebab rendahnya minat baca siswa SD Negeri 2 Sedeng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah 17 siswa, 2 guru, dan 1 petugas perpustakaan. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Teknik analisis data menggunakan analisa data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisa data menunjukkan bahwa faktor internal penyebab rendahnya minat baca siswa SD Negeri 2 Sedeng yaitu: 1) rendahnya kemampuan membaca, 2) kurangnya kebiasaan membaca siswa. Sedangkan faktor eksternal penyebab rendahnya minat baca siswa SD Negeri 2 Sedeng yaitu: 1) lingkungan sekolah yang kurang mendukung, 2) peran perpustakaan yang belum maksimal, 3) keterbatasan buku atau bahan bacaan, 4) peran guru yang kurang maksimal, 5) lingkungan keluarga yang kurang mendukung, dan 6) pengaruh televisi dan teknologi. Kata Kunci: Minat Baca, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2024 23:36 | |||||||||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2024 23:36 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1558 |
Actions (login required)
View Item |