PEMBINAAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KLESEM

PRIYATNO, RIZKY WAHYU and TISNGATI, URIP and HIDAYAT, TAUFIK (2024) PEMBINAAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KLESEM. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
RIZKY WAHYU PRIYATNO_PGSD_AB2023.pdf

Download (111kB)
[img] Text
RIZKY WAHYU PRIYATNO_PGSD_AR2023.pdf

Download (284kB)
[img] Text
RIZKY WAHYU PRIYATNO_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (95kB)
[img] Text
RIZKY WAHYU PRIYATNO_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (189kB)
[img] Text
RIZKY WAHYU PRIYATNO_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanan program pembinaan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Negeri 1 Klesem. Jenis penelitian adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah siswa-siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Negeri 1 Klesem, serta guru pembina Pramuka. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembinaan karakter Profil Pelajar Pancasila di SDN 1 Klesem melalui ekstrakurikuler pramuka telah dilaksanakan. Metode ini berdasarkan kode kehormatan pramuka penggalang yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, dengan kegiatan seperti kegiatan alam bebas, pengabdian masyarakat, dan pelatihan kepemimpinan. Tujuan kegiatan ini adalah membantu siswa memahami, menginternalisasi, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Karakter Profil Pelajar Pancasila pada siswa SDN 1 Klesem melalui ekstrakurikuler pramuka termasuk sangat baik. Aspek karakter yang terlihat meliputi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, beraqhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, dan bernalar kritis serta kreatif. Pendidikan karakter Profil Pelajar Pancasila selalu diberikan baik saat pembelajaran formal maupun non-formal. Direkomendasi kepada pihak sekolah untuk meningkatkan dukungan dan alokasi sumber daya dalam upaya pembinaan karakter pelajar Pancasila melalui ekstrakurikuler Pramuka. Kata kunci: Pembinaan Karakter, Pancasila, Ekstrakurikuler Pramuka.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKetaufik87@gmail.com
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 10 Feb 2024 23:45
Last Modified: 10 Feb 2024 23:45
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item