RUDIANTO, RUDIANTO and PURNAMASARI, MEGA ISVANDIANA and ERVIANA, LINA (2024) MOTIVASI KERJA GURU TIDAK TETAP DI LEMBAGA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WIDORO KECAMATAN DONOROJO. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
RUDIANTO_PGSD_AB2023.pdf Download (161kB) |
|
Text
RUDIANTO_PGSD_AR2023.pdf Download (323kB) |
|
Text
RUDIANTO_BAB 1_PGSD2023.pdf Download (154kB) |
|
Text
RUDIANTO_BAB 2_PGSD2023.pdf Download (281kB) |
|
Text
RUDIANTO_BAB 3_PGSD2023.pdf Download (208kB) |
Abstract
Peran Guru sebagai salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), memilikiperan yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Melihat begitu pentingnya peran guru dalam proses pendidikan dan sekaligus sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan proses pendidikan di sekolah, guru dituntut untuk memiliki keahlian, tanggung jawab dan jiwa rela memberikan layanan sosial di atas kepentingan pribadi. Namun ditengah banyaknya tuntutan terhadap profesi guru, banyak permasalahan yang dialami oleh guru, khususnya Guru Tidak Tetap (GTT), yakni berkisar masalah kesejahteraan dan kejelasan status kepegawaian. Penelitihan ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang memotivasi para Guru Tidak Tetap (GTT) dalam menjalankan pekerjaannya, serta menemukan suatu solusi baru mengenai harapan tentang masa depan mereka tersebut. Penelusuran terhadap faktor-faktor para Guru Tidak Tetap (GTT) dimulai dari identifikasi nilai-nilai kerja menjadi seorang guru, karakteristik biografi dan karakteristik pribadi, mengidentifikasi persepsi mengenai profesi guru, serta mengungkap berbagai sumber motivasi para Guru Tidak Tetap (GTT). Penelitihan ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, sehingga mampu menggali lebih dalam tentang profesi guru tersebut. Sebagai obyek dalam penelitihan ini adalah Guru Tidak Tetap (GTT) yang memiliki pengalaman kerja sebagai guru lebih dari 10 tahun yang bertugas di Lembaga SDN 2 Widoro Kecamatan Donorojo. Hasil yang diperoleh dari penelitihan ini menyatakan bahwa motivasi kerja seorang Guru Tidak Tetap (GTT) dipengaruhi oleh faktor persepsi yang terbentuk dari nilai-nilai kerja, karakteristik biografi, serta karakteristik pribadi para responden. Kata Kunci: Motivasi, Kerja, Guru Tidak Tetap (GTT)
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2024 23:51 | |||||||||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2024 23:51 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1560 |
Actions (login required)
View Item |