INTERAKSI SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI DI PACITAN

IRIANTI, TIFFANI APRILIA and ARDHYANTAMA, VIT and PURNAMASARI, MEGA ISVANDIANA (2024) INTERAKSI SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI DI PACITAN. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
TIFFANI APRILIA IRIANTI_PGSD_AB2023.pdf

Download (110kB)
[img] Text
TIFFANI APRILIA IRIANTI_BAB 1_PGSD2023.pdf

Download (139kB)
[img] Text
TIFFANI APRILIA IRIANTI_BAB 2_PGSD2023.pdf

Download (213kB)
[img] Text
TIFFANI APRILIA IRIANTI_BAB 3_PGSD2023.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus; (2) faktor yang pendukung perkembangan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus di SDN Sirnoboyo 2; (3) faktor penghambat perkembangan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus di SDN Sirnoboyo 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitiannya adalah siswa berkebutuhan khusus pada kelas VI SDN Sirnoboyo 2. Objek penelitiannya merupakan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus dengan warga sekolah di SDN Sirnoboyo 2. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari keempat siswa berkebutuhan khusus pada kelas VI didapati hasil bahwa mereka memiliki interaksi sosial yang berbeda, Subjek 1 lebih suka berinteraksi sosial dengan cara komunikasi sedangkan Subjek 2 dan Subjek 4 lebih suka berinteraksi sosial dengan cara kontak sosial. (2) faktor yang mendukung perkembangan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus adalah faktor motivasi, imitasi, identifikasi, sugesti, dan simpati. (3) faktor yang menghambat perkembangan interaksi sosial siswa berkebutuhan khusus adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Siswa Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDARDHIYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmega86@stkippacitan.ac.id
UNSPECIFIEDARDHIYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
UNSPECIFIEDNURHAYATI, NURHAYATInurh80912@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 11 Feb 2024 10:34
Last Modified: 11 Feb 2024 10:34
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item