Pengaruh Hasil Belajar Matematika Pada Penerapan Fullday School Ditinjau Dari Kecemasan Dan Efikasi Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020

KURNIAWAN, AGUNG EDY (2020) Pengaruh Hasil Belajar Matematika Pada Penerapan Fullday School Ditinjau Dari Kecemasan Dan Efikasi Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
AGUNG EDY KURNIAWAN_PM_AB2020.pdf

Download (136kB)
[img] Text
AGUNG EDY KURNIAWAN_PM_AR2020.pdf

Download (217kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui 1) apakah ada pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan yang menerapkan fullday school. 2) apakah ada pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan yang menerapkan fullday school. 3) apakah ada pengaruh kecemasan dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan yang menerapkan fullday school. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Pacitan tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 1 kelas yang berjumlah 28 siswa, dikarenakan adanya pandemi covid-19 sehingga penelitian yang dilakukan menjadi lebih terbatas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecemasan, angket efikasi diri, dan tes uraian untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan bantuan regresi program SPSS 16.0 for windows. Uji prasyarat analisisnya adalah menggunakan uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan yang menerapkan fullday school. 2) Terdapat pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan yang menerapkan fullday school. 3) Tidak terdapat pengaruh kecemasan dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan yang menerapkan fullday school jika digunakan secara bersama-sama. The purpose of this study was to determine whether or not : 1) there is an effect of anxiety on the mathematics learning outcomes of class X students of SMK Negeri 1 Pacitan who implement full-day school. 2) there is an effect of self- efficacy on the learning outcomes of class X students of SMK Negeri 1 Pacitan who apply full-day school. 3) there is an effect of anxiety and self-efficacy on mathematics learning outcomes of grade X students of SMK Negeri 1 Pacitan that implement full-day school. It is kind of ex-post facto research. The data collection techniques used questionnaires and tests. The sample of this research was class X-28 students- TKJ SMK Negeri 1 Pacitan in the academic year 2019/2020, due to the covid-19 pandemic so that the research and became more restricted. The instruments used in this study were anxiety and self-efficacy questionnaires, and test descriptions to determine student mathematics learning outcomes. The data analysis technique used the SPSS 16.0 for windows regression program. The prerequisite test for analysis was using the normality test, autocorrelation test, multicollinearity test, heteroscedasticity test and linearity test. The results of the data analysis show that: 1) there is an effect of anxiety on the mathematics learning outcomes of grade X students of SMK Negeri 1 Pacitan who apply full-day school; 2) there is an effect of self-efficacy on the learning outcomes of class X students of SMK Negeri 1 Pacitan who apply full- day school; 3) there is no effect of anxiety and self-efficacy on mathematics learning outcomes of class X students of SMK Negeri 1 Pacitan who apply full- day school when being simultaneously used.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDQUDSIYAH, KHOIRULchoeeroel@gmail.com
UNSPECIFIEDAPRIYANI, DWI CAHYANI NURUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 23 Aug 2020 03:25
Last Modified: 14 Sep 2020 03:56
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item