IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MEWUJUDKAN SIKAP KONSERVASI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V DI SDN BANGUNSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AYUNINGTIYAS, RIYAN (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MEWUJUDKAN SIKAP KONSERVASI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V DI SDN BANGUNSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
RIYAN AYUNINGTIYAS_PGSD_AB2020.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis lingkungan hidup di SDN Bangunsari dan sikap konservasi lingkungan siswa kelas V SDN Bangunsari pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 1 kepala sekolah, 1 guru kelas, dan 9 siswa kelas V SDN Bangunsari. Subjek dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan observasi pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis lingkungan, angket konservasi lingkungan siswa, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis lingkungan hidup pada siswa kelas V SDN Bangunsari dalam kategori baik, pelaksanaanya sudah berdasarkan pada prosedur yang ada. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Terdapat 3 tahap kegiatan dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; 2) Sikap konservasi lingkungan siswa kelas V SDN Bangunsari menunjukkan hasil yang baik. Skor akhir rata-rata angket yang terdiri dari aspek keanekaragaman hayati, energi bersih, arsitektur hijau dan transportasi internal, kebijakan penggunaan nirkertas, pengelolaan limbah, etika seni dan budaya, dan kader konservasi adalah 2,80. Terdapat 7 siswa yang masuk ke dalam kategori baik dengan presentase 77,7% dan 2 siswa masuk ke dalam kategori sangat baik dengan presentase 22,3%; 3) Guru dan kepala sekolah memiliki peranan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian pembelajaran bagi siswa. Secara khusus guru berperan sebagai pendamping dan pembimbing, sedangkan kepala sekolah berperan sebagai fasilitator, mediator, dan teladan bagi guru. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan, Sikap Konservasi lingkungan, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 09 Sep 2020 01:41
Last Modified: 11 Apr 2023 01:53
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item