FIRDAUS, ILHAM CAHYO (2020) ANALISIS PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SD N 1 SIRNOBOYO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
ILHAM CAHYO FIRDAUS_PGSD_AB2020.pdf Download (170kB) |
|
Text
ILHAM CAHYO FIRDAUS_PGSD_AR2020.pdf Download (283kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui frekuensi penggunaan gadget siswa kelas V SD N 1 Sirnoboyo, 2) Untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa kelas V SD N 1 Sirnoboyo pengguna gadget. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Sirnoboyo. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket penggunaan gadget, angket kecerdasan emosional, wawancara, observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dilanjutkan dengan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, validitas dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan gadget siswa kelas V SD N 1 Sirnoboyo menghasilkan tiga frekuensi, yaitu frekuensi tinggi, frekuensi sedang, dan frekuensi rendah. 2) Penggunaan gadget frekuensi tinggi memiliki kecerdasan emosional sedang. Penggunaan gadget kategori sedang memiliki kecerdasan emosional tinggi. Penggunaan gadget frekuensi rendah memiliki kecerdasan emosional sedang. Kata Kunci: gadget, kecerdasan emosional, siswa
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
|||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||||||||
Depositing User: | Dhita Indah Puspita Rini | |||||||||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2020 14:02 | |||||||||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2020 05:20 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/342 |
Actions (login required)
View Item |