IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 1 PONOROGO

NURHAYATI, NURHAYATI (2018) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 1 PONOROGO. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, 10 (02). ISSN 2085-0581

[img] Text
NILAI PENDIIDKAN KARAKTER.pdf

Download (153kB)
[img] Text
NILAI PENDIIDKAN KARAKTER_PEER REVIEW.pdf

Download (1MB)
[img] Text
NILAI PENDIIDKAN KARAKTER_CHECK PLAGIARISM.pdf

Download (173kB)

Abstract

Pentingnya sekolah mengetahui tingkat kejujuran pada siswa-siswi yang berbeda karakter perlu adanya penanganan khusus yang harus di laksankan. Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo adalah sekolah yang telah mendirikan kantin kejujuran sejak dulu. Hal ini di maksudkan untuk mewadahi siswa-siswi untuk menumbuhkan jiwa kejujuran bagi anak sejak dini serta memiliki rasa tanggung jawab pada diri sendiri karena tidak semua siswa-siswi memiliki karakter yang sama mereka berasal dari lingkungan yang berbeda-beda. tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan Strategi Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Kejujuran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Ponorogo.Untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Kejujuran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Ponorogo. Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. . Uji analisis data menggunakan teori educating for karakter tentang pengajaran sikap hormat dan tanggung jawab milik Thomas Licona. Implementasi nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ponorogo, dalam penanaman nilai karakter kejujuran tersebut tidak bisa terjadi begitu saja secara instan melainkan menggunakan strategi pembiasaan dan keteladanan dimana dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pembentukan karakter. faktor yang mendukung implementasi nilai pendidikan karakter kejujuran di SMKN 1 Ponorogo adalah lingkungan sekolah, orang tua dan semua pihak sekolah serta sarana didirikan kantin kejujuran. faktor yang mendukung adalah lingkungan sekolah, orang tua dan semua pihak sekolah serta sarana didirikan kantin kejujuran. Penghambat dari penanaman nilai karakter kejujuran tersebut lingkungan keluarga serta faktor intelektual peserta didik. Kemudian dampak hasilnya adalah dapat bertanggung jawab pada dirinya sendiri dan memiliki jiwa yang jujur

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Dhita Indah Puspita Rini
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:30
Last Modified: 18 Nov 2019 07:28
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item