Analisis Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 1 Tambakrejo Tahun Ajaran 2020/2021

SARI, INDAH RATNA (2021) Analisis Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 1 Tambakrejo Tahun Ajaran 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
INDAH RATNA SARI_PGSD_AB2021.pdf

Download (121kB)
[img] Text
INDAH RATNA SARI_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengeksplorasi dan mendeskripsikan proses pembelajaran tematik dengan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri 1 Tambakrejo, (2) Mengeskplorasi motivasi belajar siswa melalui metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SD Negeri 1 Tambakrejo Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Tambakrejo. Objek penelitian adalah motivasi belajar siswa menggunakan CTL pada pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data memperoleh kesimpulan bahwa: 1. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) telah dilaksanakan dengan kategori baik pada pembelajaran tematik, 2. Siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambakrejo memiliki motivasi belajar yang baik dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan CTL. Kata Kunci: Motivasi Belajar, CTL, Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 22 Aug 2021 05:50
Last Modified: 11 Nov 2021 05:57
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item