Efektifitas Penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Mentoring Agama Islam di SMP IT AR-RAHMAH Pacitan

SETIAWAN, MUHAMMAD ISNANTO HARI (2021) Efektifitas Penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Daring pada Pembelajaran Mentoring Agama Islam di SMP IT AR-RAHMAH Pacitan. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
MUHAMMAD ISNANTO HARI SETIAWAN_PI_AB2021.pdf

Download (417kB)
[img] Text
MUHAMMAD ISNANTO HARI SETIAWAN_BAB 1_PI2021.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MUHAMMAD ISNANTO HARI SETIAWAN_BAB 2_PI2021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
MUHAMMAD ISNANTO HARI SETIAWAN_BAB 3_PI2021.pdf

Download (981kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui mekanisme penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring di SMP IT AR-RAHMAH Pacitan. (2) Mengetahui kendala-kendala dalam penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring. (3) Mengetahui efektifitas penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring pada pembelajaran mentoring agama islam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 2 guru mentoring agama islam dan 55 siswa yang terdiri dari kelas 7C dan kelas 7D. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa ada 3 perolehan data dari penelitian di lapangan, antara lain: (1) Mekanisme penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMP IT AR-RAHMAH sudah baik terhadap pemanfaatan media, namun masih terdapat kekurangan-kekurangan yang mengakibatkan pembelajaran kurang maksimal jika hanya menggunakan aplikasi Whatsapp dan Google Classroom hal ini dibuktikan dari hasil observasi dan wawancara. (2) Terdapat kendala-kendala dalam penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring antara lain jaringan serta respon siswa yang terkadang kurang aktif dalam menangggapi saat pembelajaran daring dirumah. (3) Keefektifan dari penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring pada pembelajaran mentoring agama islam setelah dilaksanakan penelitian, penulis menyimpulkan dari hasil analisis data penggunaan Whatsapp dan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring pada pembelajaran mentoring agama islam masih kurang efektif karena belum memenuhi 2 (dua) poin kriteria dari efektifitas sebab masih ada beberapa kendala yang menyebabkan pemahaman materi kepada siswa belum dapat tersampaikan dengan baik. Kata Kunci: Efektifitas, Whatsapp, Google Classroom

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDFAMUKHIT, MUGA LINGGARmugalinggar@gmail.com
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODImukodi@yahoo.com
UNSPECIFIEDFAMUKHIT, MUGA LINGGARmugalinggar@gmail.com
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODImukodi@yahoo.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 22 Aug 2021 06:20
Last Modified: 03 Feb 2022 02:30
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item