Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

PUJILESTRI, TRI (2021) Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
TRI_PUJILESTARI_PGSD_AB2021.pdf

Download (360kB)
[img] Text
TRI PUJILESTARI_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan peranan orang tua dalam mendampingi belajar anak dimasa pandemi Covid-19, 2) mendeskripsikan faktor penghambat peranan orang tua dalam mendampingi belajar dimasa pandemi Covid-19, 3) mendeskripsikan solusi dalam mengatasi hambatan yang dialami orang tua dalam mendampingi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua siswa berjumlah 15 orang dan siswa kelas v berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data adalah Angket, Wawancara, dan Dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, peranan orang tua dalam mendampingi belajar anak dimasa pandemi covid-19: 1) dilihat dari aspek- aspek pendampingan belajar: (a) fasilitator, (b) motivator, (c) pembimbing, serta pengawas menunjukkan bahwa orang tua telah mengetahui perannya khususnya dalam pendampingan belajar, 2) berdasarkan data wawancara dan angket proses pendampingan belajar dinyatakan baik dikarenakan pelaksanaan dilakukan secara terbuka yakni dengan menjalin kedekatan dengan subjek. Kedua faktor penghambat dalam pelaksanaan pendampingan proses belajar: 1) orang tua tua mengetahui pentingnya pendidikan bagi anak, sehingga mereka melakukan perannya sebagai pendamping dengan harapan agar anaknya dapat memperoleh pendidikan yang baik, serta dengan pendampingan ini diharapkan anak tidak merasa sendiri, dan dapat terbantu apabila ada kesulitan dalam proses pembelajaran, 2) hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu faktor penghambat pendampingan adalah faktor dari orang tua kurang memahami materi, faktor dari anak sendiri yakni kemalasan, dan bosan dengan pembelajaran daring . Ketiga solusi mengatasi hambatan pendampingan belajar: (a) mencari referensi lain (google/youtube), (b) mencarikan guru les privat, (c) kolaborasi dengan guru pengajar, (d) memotivasi (e) memberikan fasilitas, seperti menyediakan apa yang anak inginkan, serta (f) memberi kebebasan dengan tetap memperhatikan waktu antara belajar dan bermain. Kata Kunci: peranan orang tua, pendampingan proses belajar, penghambat, solusi

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODIUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 22 Aug 2021 08:29
Last Modified: 11 Nov 2021 04:02
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item