PAMUNGKAS, ALAN ARIYANSAH (2021) Analisis Pengelolaan Sistem Reservasi Online Melalui Aplikasi Online Travel Agent pada Hotel Minang Permai 3. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
ALAN ARIYANSAH PAMUNGKAS_PI_AB2021 .pdf Download (393kB) |
|
Text
ALAN ARIYANSAH PAMUNGKAS_PI_AR2021.pdf Download (1MB) |
|
Text
ALAN ARIYANSAH PAMUNGKAS_PI_CEK PLAGIASI.pdf Download (350kB) |
|
Text
ALAN ARIYANSYAH PAMUNGKAS_BAB 1_PI2021.pdf Download (151kB) |
|
Text
ALAN ARIYANSYAH PAMUNGKAS_BAB 2_PI2021.pdf Download (239kB) |
|
Text
ALAN ARIYANSYAH PAMUNGKAS_BAB 3_PI2021.pdf Download (183kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana pengelolaan hotel yang menerapkan sistem reservasi online yang bekerja sama dengan Online Travel Agent pada Hotel Minang Permai 3. 2) bagaimana dampak keterlibatan pihak Online Travel Agent (Traveloka) terhadap kenaikan jumlah pengunjung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek pada penelitian adalah Manager Hotel Minang Permai 3. Teknik pengambilan data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ada empat tahap, yaitu pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) sistem reservasi online dikelola oleh hotel menggunakan aplikasi extranet dan adanya jasa layanan dari Online Travel Agent menguntungkan bagi pihak hotel karena tidak perlu membuat web untuk menunjang marketing agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Kendala dalam pengelolaan sistem reservasi online ini adalah dalam mengelola ketersediaan kamar (allotment) yang mengakibatkan terjadinya reservasi ganda dengan atas nama tamu yang sama. Sehingga Manager Hotel harus selalu memantau kegiatan reservasi secara online melalui aplikasi extranet. 2) berdasarkan dari rata-rata jumlah pengunjung dalam kurun waktu 6 bulan apabila melakukan reservasi secara langsung yaitu sebesar 33,33 pengunjung per bulan, setelah menerapkan sistem reservasi online yang bekerja sama dengan pihak Online Travel Agent (Traveloka) terjadi kenaikan hunian kamar sebesar 5,17 pengunjung per bulan. Kata kunci : pengelolaan, reservasi online, Online Travel Agent, Traveloka.
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Informatika | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2021 13:52 | |||||||||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2021 04:16 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/529 |
Actions (login required)
View Item |