Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendididkan Agama Islam Kelas IV SDN Temon 1

SAPUTRO, BOWO (2021) Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Pendididkan Agama Islam Kelas IV SDN Temon 1. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
BOWO SAPUTRA_PI_AB2021.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BOWO SAPUTRO_PI_AR2021.pdf

Download (855kB)
[img] Text
BOWO SAPUTRO_PI_CEK PLAGIASI.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BOWO SAPUTRO_BAB 1_PI2021.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BOWO SAPUTRO_BAB 2_PI2021.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BOWO SAPUTRO_BAB 3_PI2021.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode multimedia interaktif pada materi praktek shalat di kelas IV SDN Temon 1. (2) Untuk mengetahui penerapan metode multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Temon 1. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi praktek shalat setelah menggunakan metode multimedia interaktif di kelas IV SDN Temon 1. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan februari-juli 2021. Subjek penelitian ini adalah 9 siswa SDN Temon 1 yang berada dilingkungan Dusun Drono Desa Temondan 1 Guru PAI SDN Temon 1. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan bantuan program Micrososft excel versi 2016. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Temon 1 masih rendah sebelum diterapkannya model pembelajaran multimedia interaktif karena masih banyak siswa yang belum tuntas. Pada pretest siklus I siswa yang belum tuntas berjumlah 7 orang. Sedangkan pada pretest siklus II yang belum tuntas berjumlah 6 orang. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif pada post test siklus I siswa yang tuntas berjumlah 6 orang. Selanjutnya pada post test siklus II yang tuntas berjumlah 9 orang. Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa semakin meningkat dan termasuk pada kategori sangat tinggi. (3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode multimedia interaktif yaitu dilihat pada peningkatan hasil belajar dari post test siklus I menuju post test siklus II sekitar 33,3%. Kata Kunci: Multimedia, Pembelajaran interaktif, Pendidikan agama islam.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYkuliah.didiet@gmail.com
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODImukodi@yahoo.com
UNSPECIFIEDPRASTYO, TIKA DEDYkuliah.didiet@gmail.com
UNSPECIFIEDRAHAYU, DWIdwirahayu6537@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Informatika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 28 Aug 2021 23:37
Last Modified: 10 Nov 2021 04:17
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item