Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Arjowinangun

ANDRIYANI, DIAN (2021) Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN Arjowinangun. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
DIAN ANDRIYANI_PGSD_AB2021.pdf

Download (323kB)
[img] Text
DIAN ANDRIYANI_PGSD_AR2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DIAN ANDRIYANI_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (531kB)
[img] Text
DIAN ANDRIYANI_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prosedur pengembangan gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN Arjowinangun; (2) Mengetahui hasil pengembangan media gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Arjowinangun; (3) Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Arjowinangun setelah menggunakan media pop-up book hasil pengembangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D S. Thiagarajan (1974). Langkah-langkah yang dilakukan dalam model pengembangan meliputi (a) Pendefinisian, (b) Perancangan, (c) Pengembangan, (d) Penyebaran. Produk media pengembangan diuji cobakan dalam uji coba kelompok kecil kepada 4 siswa kelas IV SDN Arjowinangun, dengan mengambil materi dari buku tema subtema 3. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, serta respon siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Media pembelajaran pop-up book telah di uji keefektifannya berdasarkan penilaian berikut; (1) Penilaian ahli materi dengan skor rata-rata 4,14 dengan kategori valid/baik; (2) Penilaian ahli media dengan skor rata-rata 4,18 dengan kategori valid/baik. (3) dan penilaian hasil keterampilan berbicara siswa yang menunjukkan nilai rata-rata 81,7 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 79. Kata Kunci: Pop-Up Book, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com2
UNSPECIFIEDWIDOYOKO, RIZA DWI TYASrizadtw10@gmail.com
UNSPECIFIEDBURHANUDDIN, AFIDafidburhanuddin@gmail.com2
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 00:09
Last Modified: 11 Nov 2021 03:33
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item