Analisis Pembelajaran Membaca Puisi melalui Metode Demonstrasi bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pacitan

PRASTYO, DWI GANJUR BANGUN (2021) Analisis Pembelajaran Membaca Puisi melalui Metode Demonstrasi bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Pacitan. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
DWI GANJUR BANGUN PRASTYO_PBSI_AB2021.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DWI GANJUR BANGUN PRASTYO_PBSI_AR2021.pdf

Download (665kB)
[img] Text
DWI GANJUR BANGUN PRASTYO_PBSI_CEK PLAGIASI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
DWI GANJUR BANGUN PRASTYO_BAB 1_PBSI2021.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DWI GANJUR BANGUN PRASTYO_BAB 2_PBSI2021.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DWI GANJUR BANGUN PRASTYO_BAB 3_PBSI2021.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanakan pembelajaran membaca puisi dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran demonstrasi diterapkan pada pembelajaran membaca puisi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 2 Pacitan yang merupakan informan utama. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dan tervalidasi dianalisis secara deskriptif. Analisis deskriptif untuk mengetahui secara mendalam kemampuan membaca puisi peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 2 Pacitan melalui triangulasi data yaitu membandingkan data-data yang terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran membaca puisi dengan menerapkan metode demonstrasi memberikan kontribusi bagi tercapainya kemampuan peserta didik dilihat dari aspek vokal, penghayatan, dan intonasi. Kelebihan metode demonstrasi sebagai langkah pelaksanaan pembelajaran membaca puisi bagi guru sangat dimudahkan karena proses pelaksanaannya dengan memberikan peragaan secara nyata. Hal ini memudahkan di dalam menyampaikan tentang komponen apa saja yang harus ditampilkan dalam kegiatan membaca puisi. Bagi peserta didik sendiri, menjadikan peserta didik lebih percaya diri karena sudah mengetahui secara nyata tentang membaca puisi dengan vokal, intonasi, dan pengahayatan yang baik dan tinggal menirunya. Sedangkan kekurangan yang ditemukan peneliti tidak samanya keadaan peserta didik yaitu keterbatasan alat pembelajaran. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Membaca Puisi

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODImukodi@yahoo.com
UNSPECIFIEDMABRURI, ZUNIAR KAMALUDDINzuniarmabruri@gmail.com
UNSPECIFIEDMUKODI, MUKODImukodi@yahoo.com
UNSPECIFIEDSETYOWATI, ENYenyines76@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 00:35
Last Modified: 10 Nov 2021 03:34
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item