Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas Rendah SD N 3 Sirnoboyo Tahun Pelajaran 2020/2021

ANGGRAENI, HESTI NOVIA (2021) Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas Rendah SD N 3 Sirnoboyo Tahun Pelajaran 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
HESTI NOVIA ANGGRAENI_PGSD_AB2021.pdf

Download (448kB)
[img] Text
HESTI NOVIA ANGGRAENI_PGSD_AR2021.pdf

Download (794kB)
[img] Text
HESTI NOVIA ANGGRAENI_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (682kB)
[img] Text
HESTI NOVIA ANGGRAENI_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 siswa kelas rendah SD N 3 Sirnoboyo. Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, dan siswa kelas II dan kelas III SD N 3 Sirnoboyo. Objek penelitian merupakan titik perhatian dalam sebuh penelitian. Objek dalam penelitian ini adalah analisis efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 siswa kelas rendah SD N 3 Sirnoboyo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu efektivitas pembelajaran daring siswa kelas rendah SD N 3 Sirnoboyo rata-rata kurang baik. Pada aspek ketercapaian efektivitas pembeljaran daring terlihat rata-rata skornya (2,5) termasuk kategori kurang baik. Aspek upaya yang dilakukan guru pada saat pembelajaran daring terlihat rata-rata skornya (2,3) termasuk kategori kurang baik. Aspek faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran daring terlihat rata-ratanya (2,5) termasuk kategori kurang baik. Faktor yang mendukung pembelajaran daring diantaranya ketersediaan telepon genggam bagi seluruh siswa, bantuan paket data dari sekolah (walaupun tidak terus-menerus), kelengkapan buku pelajaran bagi siswa dan mudahnya komunikasi antara guru dengan orangtua tentang kegiatan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan WA group untuk memberikan materi dan google form untuk mengirimkan tugas. Dan faktor penghambat yang meliputi jaringan internet yang susah, adanya siswa yang tidak memiliki telepon genggam dan kehabisan paket data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa kurangnya efektivitas dalam pembelajaran daring yang dilaksanakan di sekolah. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayatullah200289@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYferryaristya@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 02:47
Last Modified: 11 Nov 2021 04:21
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item