Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Lamban Belajar (Studi Kasus) Siswa Kelas Rendah SDN 1 Losari Tulakan Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021

SAPUTRI, KARTIKA ALDA (2021) Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Lamban Belajar (Studi Kasus) Siswa Kelas Rendah SDN 1 Losari Tulakan Pacitan Tahun Pelajaran 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
KARTIKA ALDA SAPUTRI_PGSD_AB2021.pdf

Download (393kB)
[img] Text
KARTIKA ALDA SAPUTRI_PGSD_AR2021.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KARTIKA ALDA SAPUTRI_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KARTIKA ALDA SAPUTRI_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang 1. Proses Pembelajaran Pada siswa Kesulitan Membaca siswa lamban belajar siswa kelas rendah di SDN 1 Losari Tulakan; 2. Penyebab Kesulitan Membaca pada siswa lamban belajar kelas rendah di SDN 1 Losari Tulakan; 3. Upaya Guru dan Orang tua dalam penanganan siswa kesulitan membaca siswa lamban belajar di SDN 1 Losari Tulakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini ialah siswa kesulitan membaca pada kelas 3 dan guru kelas 3. Subjek dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan tenik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1. Proses pembelajaran pada siswa kesulitan membaca, sebelum dimulainya pembelajaran guru melakukan kebiasaan membaca nyaring atau silent reader, yang bertujuan untuk melatih kemampuan membaca siswa; 2. Penyebab kesulitan membaca yang dialami siswa, penyebabnya ialah rasa malas, kurang percaya diri, lingkungan tempat tinggal, dan kurangnya dukungan dari orang tua menjadi salah satu permasalahan pada siswa; 3. Upaya yang dilakukan guru dan orang tua dalam mengatasi kesulitan membaca yang dialami siswa, guru dan orang tua memiliki target untuk membantu kesulitan membaca siswa yakni dengan membiasakan membaca 1 paragraf dalam 1 minggu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa anak yang memiliki kesulitan membaca memiliki banyak permasalahan pada diri mereka, seperti rasa malas, rasa kurang percaya diri, lingkungan tempat tinggal, kurangnya dukungan dari orang tua. Permasalahan tersebut yang menjadikan siswa tidak mau berkembang. Sehingga orang tua harus memberikan dukungan semangat belajar agar siswa mau berkembang lebih baik lagi. Kata Kunci: Kesulitan, Membaca, Lamban Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYferryaristya@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKetaufik87@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 03:54
Last Modified: 11 Nov 2021 05:35
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item