Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Kelas V SD Negeri 1 Bubakan Tahun Pelajaran 2020/2021

KINASIH, TITAH (2021) Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Kelas V SD Negeri 1 Bubakan Tahun Pelajaran 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
TITAH KINASIH_PGSD_AB2021.pdf

Download (415kB)
[img] Text
TITAH KINASIH_PGSD_AR2021.pdf

Download (904kB)
[img] Text
TITAH KINASIH_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (431kB)
[img] Text
TITAH KINASIH_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pemanfaatan whatsapp sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi siswa kelas V SDN 1 Bubakan (2) Hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan whatsapp sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi pada siswa kelas V SDN 1 Bubakan (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pemanfaatan whatsapp sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi siswa kelas V SDN 1 Bubakan. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Bubakan pada bulan Maret sampai Mei. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan mengenai pemanfaatan whatsapp sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama wali kelas yang menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian wawancara bersama 4 peserta didik kelas V observasi berupa observasi partisipasi pasif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru telah memanfaatkan whatsapp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran daring dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dan video call; (2) terdapat bebarapa hambatan dalam pelaksanaan pemanfaatan whatsapp sebagai media pembelajaran, yaitu gangguan sinyal, memori HP penuh, kurangnya interaksi, sulit mengetahui keseriusan belajar peserta didik, kurangnya motivasi belajar peserta didik, fasilitas pendukung pembelajaran online, dan sulit memahami materi yang diberikan; dan (3) guru berupaya meminimalisir gangguan jaringan dengan memperpanjang jangka waktu pengiriman tugas, membuat materi pambelajaran lebih sederhana dan mudah dimengerti, melakukan interaksi dengan melakukan video call atau melakukan interaksi seminggu sekali sesuai jadwal pertukaran buku pembelajaran. Diharapkan guru mampu membuat variasi pembelajaran terutama dengan menggunakan fitur yang ada pada whatsapp, menguasai dan menggunakan TIK dalam proses pembelajaran daring di masa pandemi. Kata Kunci: Whatsapp, Media Pembelajaran, Pembelajaran dalam Jaringan.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDARISTYA, FERRYferryaristya@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDTISNGATI, URIPuriptisngati@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 05:36
Last Modified: 11 Nov 2021 05:36
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item