Analisis Faktor Kesulitan Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 3 Sirnoboyo Tahun Pelajaran 2020/2021

FAZITA, NEIRA (2021) Analisis Faktor Kesulitan Membaca terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 3 Sirnoboyo Tahun Pelajaran 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
NEIRA FAZITA_PGSD_AB2021.pdf

Download (442kB)
[img] Text
NEIRA FAZITA_PGSD_AR2021.pdf

Download (920kB)
[img] Text
NEIRA FAZITA_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (663kB)
[img] Text
NEIRA FAZITA_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan yang pertama untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan membaca siswa II SDN 3 Sirnoboyo. Sedangkan yang kedua bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas II yang mengalami kesulitan membaca di SDN 3 Sirnoboyo Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Waktu penelitian ini pada tanggal 24 Juni-29 Juni 2021 di SDN 3 Sirnoboyo. Subjek penelitian adalah 1 guru kelas, dan 3 siswa kelas II SDN 3 Sirnoboyo. Subjek dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, tes membaca siswa, dan wawancara yang meliputi faktor penyebab kesulitan membaca dan hasil belajar. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) Faktor yang menyebabkan kesulitan membaca siswa kelas II SDN 3 Sirnoboyo disebabkan oleh rasa malas. Faktor fisik lainnya juga mempengaruhi kegiatan belajar membaca mereka, seperti capek, pusing dan sakit mata. Faktor lingkungan keluarga yang sibuk bekerja menjadi sebuah alasan bagi siswa dalam mengabaikan tugas belajar selama pandemi ini. 2) Hasil belajar siswa yang mengalami kesulitan membaca tidak ada yang dibawah kkm. Hal tersebut disebabkan karena setiap tugas baik tugas berupa soal maupun tugas praktik selalu dikerjakan bersama orangtua, wali dan atau guru les. Mekipun begitu nilai rata-rata siswa yang mengalami kesulitan membaca dan melakukan kesalahan hanya 78 dari KKM yang diterapkan guru yaitu 85. Kata Kunci: Faktor, Kesulitan, Membaca, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDPURNAMASARI, MEGA ISVANDIANAmegapurnamasari1986@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOsugiyonopacitan@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 05:58
Last Modified: 11 Nov 2021 05:37
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item